Dapil

Pengajian dan Serap Aspirasi Bareng Ribuan Warga, Ibas Dapat Dukungan dari Emak-Emak Ngawi


Pengajian dan Serap Aspirasi Bareng Ribuan Warga, Ibas Dapat Dukungan dari Emak-Emak Ngawi

"Mas Ibas siapa yang punya, yang punya kita semua…
Ibas..! Ibas..! Ibas..! Okee!
Ibas..! Ibas..! Ibas..! Selalu di hati!
Ibas...! Ibas...! Ibas...! Pokok e coblos nomer siji!"

Pemandangan tidak biasa tampak di Gedung Eko Kapti, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Terlihat ribuan warga yang didominasi ibu-ibu menyanyikan yel-yel dan saling mendekat untuk berfoto bersama Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Banyak pula yang datang membawa poster dengan tulisan unik dan beragam, salah satunya “Emak-Emak Ngawi Siap Dukung Mas Ibas”.

Ibas yang saat itu didampingi sang istri, Aliya Baskoro Yudhoyono menyambut hangat sapaan dan dukungan masyarakat pada acara Pengajian dan Serap Aspirasi bersama Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, EBY (Ibas) pada Kamis (7/12/23).

Mereka berusaha menjabat setiap uluran tangan masyarakat dan berhenti sejenak untuk menyempatkan foto bersama. Tampak serasi dengan pakaian berwarna biru, Ibas dan Aliya merasa senang dan haru mendapat sambutan dari masyarakat.

“Ngawi selalu ada di hati Mas Ibas. Kami juga terus berkunjung untuk menyapa, bertemu, dan bersalaman pada seluruh masyarakat yang ada di Dapil VII, Jawa Timur, khususnya di Ngawi. (Meskipun) jauh di mata, (tapi) dekat di hati,” ujar anggota Komisi VI DPR RI ini.

“Alhamdulillah, Mas Ibas sebagai wakil rakyat sedikit-banyak juga terus melihat kondisi yang ada di Kabupaten Ngawi. Apakah masyarakat kita ada yang memerlukan terkait dengan program-program pendidikan, infrastruktur, pertanian, atau juga usaha UMKM. Tentu kami sebisa mungkin berkolaborasi, bersinergi, bersama seluruh pemimpin-pemimpin yang ada di desa dan kecamatan,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Ibas menyadari bahwa menjadi wakil rakyat bukanlah hal yang mudah. Terkadang, bantuan maupun program yang diberikan belum terasa cukup dan kurang meluas. Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut ia gunakan untuk menyerap aspirasi secara langsung dari para warga. Ia sekaligus memohon doa restu agar dapat terus meningkatkan apa yang telah dikawal terkait program pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Mas Ibas sekali lagi mohon doa restu Bapak/Ibu sedoyo (semua). Pemilu 2024 nanti adalah pemilu yang akan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang cocok di mata dan hati ibu-ibu dan bapak-bapak semua. Pilihlah pemimpin-pemimpin yang amanah, peduli terhadap rakyatnya, bekerja untuk rakyatnya, serta mendengar segala aspirasi maupun uneg-uneg rakyat,” pesan Ibas.

"Tanggal 14 Februari nanti datang ke bilik, mari kita ramaikan pesta demokrasi Indonesia. Diajak semua keluarganya, tetangganya, memilih caleg DPR RI nomer??" Tanya Ibas yang kompak dijawab "satu..!" oleh seluruh audiens.

"Mas Ibas dari partai apa??" tanya Ibas kembali dan dijawab "Partai Demokrat!" dengan lantang oleh hadirin. "Namanya siapa??" tanya Ibas, "Mas Edhie Baskoro.." jawab seluruh warga.

Dalam acara pengajian ini Ibas pun menyampaikan rasa sedih yang mendalam atas kejadian yang ada di Palestina. Ia merasa miris setiap melihat berita banyak duka, tangisan, dan luluh-lantak yang ada di Palestina. Oleh karena itu, dengan dipimpin ustadz setempat, Ibas mengajak seluruh warga yang hadir untuk berdoa bersama agar umat manusia senantiasa dalam kedamaian dan kebaikan dunia maupun akhirat.

Ibas kemudian memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung. Salah satu perwakilan anggota Kelompok Masyarakat Peduli Aspirasi Desa, Fifi menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Ibas sebelumnya. Ia juga menyampaikan bahwa saat ini dirinya sedang mendampingi UMKM desa menciptakan makanan olahan singkong rendah gula.

"Saya juga membawa produk baru dari UMKM kami, yaitu salah satunya ada olahan singkong rendah gula (anti diabetes)," ungkap Fifi. "Kan kita tau sendiri kalau misalnya orang yang mengidap diabetes harus menghindari makanan yang mengandung pati dan juga indeks glukosa yang tinggi. Maka dari itu, bagaimana saya sebagai ahli gizi membersamai UMKM ini untuk menciptakan produk baru yang lebih baik, sehingga para lansia bisa mengonsumsi tapi dengan tidak takut diabetes," terangnya.

Ibas menyambut baik dan mendukung penuh ide tersebut. Ia merasa bangga dan optimis karena masyarakat di Kabupaten Ngawi, khususnya kaum perempuan terus berikhtiar untuk menghasilkan rumah tangga desa dan kecamatan yang memiliki potensi serta dapat memberikan kesejahteraan baru untuk warganya.

"Saya dorong agar usaha singkong bisa terus lancar, nggih. Semoga terus berlatih agar SDM-nya, para pekerjanya, juga tetap bertambah. Dan kalau ada kesulitan, terkait permodalan, pemasaran, dan lain-lain, mari kita terus berkolaborasi," tutur Ibas.

Bagikan Artikel ke

BERITA LAINNYA
- Sambut Putusan MK, Ibas Sampaikan Selamat dan Harapannya untuk Prabowo-Gibran - Halal Bihalal di Ngawi dan Magetan, Ibas Ucapkan Terima Kasih dan Tanamkan Kerukunan DAPIL - Rekapitulasi DB1 Tingkat Kabupetan: Suara Ibas Tak Terbendung di Posisi Atas - Hasil Pemilu Sementara: Edhie Baskoro Yudhoyono Raih Suara Tertinggi Caleg DPR RI Jatim VII - Nyoblos di Pacitan, Ibas: Demokrat Sukses Pemilu, Indonesia Bahagia, Maju, dan Sejahtera