Dapil

Kunjungi 'Pesta Rakyat' di Pasar Pon Trenggalek, Ibas Sampaikan Rindunya


Kunjungi 'Pesta Rakyat' di Pasar Pon Trenggalek, Ibas Sampaikan Rindunya

KUNJUNGI ‘PESTA RAKYAT’ DI PASAR PON TRENGGALEK, IBAS SAMPAIKAN RINDUNYA

Suasana Pasar Pon Kabupaten Trenggalek pada Kamis (19/5/22) malam tak seperti biasanya. Jika umumnya pasar sudah tidak ada pengunjung di malam hari, pasar tersebut justru sedang ramai didatangi warga. Ternyata, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY/Ibas) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri acara “AHY Dolan Trenggalek”, berupa pertunjukan seni, dan festival UMKM serta kuliner.

Ribuan orang berdatangan untuk menikmati pertunjukan seni tradisional, seperti jaranan dan rampak barong. Tak ketinggalan pula bazar produk lokal dari berbagai jenis UMKM di Kabupaten Trenggalek turut memeriahkan malam itu. Para pejabat yang hadir, mulai dari Wakil Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Emil Dardak, Wakil Bupati Trenggalek Syah M Natanegara, Anggota DPR Sartono Hutomo dan Ketua DPC Partai Demokrat Trenggalek Mugianto turut membaur menjadi satu bersama para warga. Suasana penuh sukacita di Pasar Pon Trenggalek benar-benar seperti pesta rakyat.

Kedatangan EBY dan AHY disambut meriah oleh masyarakat yang hadir. Ibas juga mengatakan sangat merindukan momen bisa bertemu langsung dengan masyarakat Kabupaten Trenggalek. Sebagai wakil rakyat di Dapil JaWa Timur VII, pandemi membuat dirinya tidak bisa bertemu dengan masyarakat dalam jumlah banyak. Tapi kini, kerinduan tersebut bisa terobati. Ibas bahkan tidak sungkan ikut duduk lesehan di depan panggung bersama para warga yang lain. Ia juga mengunjungi stand UMKM serta berdialog langsung dengan para pelaku UMKM.

“Acara pesta rakyat malam ini benar-benar meriah. Dua tahun kita tidak bisa merasakan momentum seperti ini. Ini bisa dijadikan wadah bagi seluruh masyarakat untuk lebih mengeksplor lagi potensi-potensi yang ada di tiap daerah, khususnya Kabupaten Trenggalek, karena ternyata Trenggalek punya kesenian tradisional yang tidak kalah dengan kota-kota besar di Indonesia,” ujar Ibas.

Ibas sendiri sebagai wakil rakyat DPR RI dapil Trenggalek, sudah beberapa kali menggelar pertunjukan Tari Jaranan dan Reog secara konsisten di kabupaten tersebut. Ia juga kerap kali melakukan kegiatan-kegiatan membina dan mendukung penuh kemajuan dan kelestarian kesenian daerah.

Selain wadah kesenian tradisional, Ibas juga berharap pesta rakyat di Pasar Pon tersebut juga memiliki andil pada kebangkitan ekonomi, khususnya di daerah. “Setelah dua tahun pandemi, alhamdulillah sedherek-sedherek UMKM dan penjual kuliner Trenggalek bisa kembali berjualan langsung di tengah keramaian warga seperti ini. Semoga acara ini memiliki andil pada kebangkitan penghasilan masyarakat, khususnya di Trenggalek ini,” ungkapnya.

Senada dengan Ibas, AHY juga mengaku senang acara dolannya ke Trenggalek mendapat respons positif dan berlangsung meriah. “Partai Demokrat berharap ekonomi masyarakat bisa segera pulih. Kami senang bisa melihat dengan acara semacam ini, mudah-mudahan bisa berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” kata AHY.

Dalam acara ini, tampil pula keyboardis Rofiq, putra asli Trenggalek, pencipta/pemusik beberapa lagu karya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia juga turut mengiringi AHY, EBY, dan Emil menyanyi “Pamer Bojo” karya Didi Kempot, bersama seluruh warga yang hadir. Sorak sorai penonton menambah kebahagiaan pesta rakyat malam itu.

Di akhir kunjungannya, sebelum pulang Ibas menyempatkan diri mampir ke salah satu gerobak dorong UMKM penjual minuman. Di tengah keramaian, tanpa rasa sungkan ia memesan satu es cokelat. “Mau rasa apa Mas?” tanya sang penjual yang langsung dijawab Ibas “Cokelat ya mbak, enak dan seger ini kayaknya,” dengan begitu antusias. Ibas bahkan langsung menyeruputnya di lokasi begitu pesanannya jadi.

Etik, pemilik UMKM brownies kering merasa bersyukur atas kedatangan Ibas dan AHY. “Alhamdulillah, kedatangan Mas Ibas dan Mas AHY memberikan rezeki yang berkah dan melimpah. Produk saya ramai diborong para penonton, para warga semuanya. Laris Manisss! Kami berharap semoga Mas Ibas, Mas AHY dan Partai Demokrat sukses terus, bisa membantu UMKM lebih meroket sehingga perekonomian Trenggalek naik,” ucap Etik.

Aris Purnomo, warga yang turut datang menyaksikan acara juga mengaku senang dengan kedatangan Ibas dan AHY. “Kami sebagai warga Trenggalek merasa senang dan merasa bersyukur sekali Mas Ibas dan Mas AHY kerso rawuh di Kabupaten Trenggalek untuk main-main dan bersilaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Trenggalek. Harapannya semoga ini bisa membuat Kabupaten Trenggalek lebih maju lagi, sering dolan dolan nang Trenggalek yo, Mas” pungkasnya.

Bagikan Artikel ke

BERITA LAINNYA
NASIONAL - Buntut Protes Petani dan Pekebun, Ibas Ingatkan Pupuk Holding Beri Solusi Kelangkaan dan Mahalnya Harga Pupuk DAPIL - Serap Aspirasi Rakyat, Ibas Audiensi bersama 61 Kepala Desa Kabupaten Pacitan - Berkunjung Ke Karangpatihan, Ibas dan AHY Disambut 14 Dadak Merak Reog di Lapangan Baskoro  DAPIL - Kunjungi 'Pesta Rakyat' di Pasar Pon Trenggalek, Ibas Sampaikan Rindunya DAPIL - Halal Bihalal di Ponpes Tremas, Ibas: Ponpes Tremas Sangat Berarti di Hati Saya dan Keluarga Besar