Dapil

Ikut Panen Raya Bersama Tani, Ibas Kembali Dengar Aspirasi Pupuk dan Bantu Warga 


Ikut Panen Raya Bersama Tani, Ibas Kembali Dengar Aspirasi Pupuk dan Bantu Warga 

Sebagian wilayah Magetan telah memasuki masa panen padi. Pada Rabu (19/07/2023), Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) di Desa Baluk, Magetan, Jawa Timur menggelar panen raya dengan lahan seluas 1.000 hektar. Kegiatan panen raya ini dihadiri oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Pria yang akrab disapa Ibas ini mengikuti panen raya secara langsung di area persawahan bersama para warga. Dalam kunjungannya, ia juga meninjau kawalan bantuan irigasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air dan Irigasi (P3TGAI).

“Pada kesempatan hari ini, kita juga menjadi saksi bahwa kehidupan pangan kita harus terus diperhatikan. Kita tidak boleh menjadi kelaparan atau kesulitan mencari bahan pangan. Kita patut bersyukur Kabupaten Magetan adalah kabupaten yang sangat subur dan mudah untuk menanam apa pun,” ungkap Ibas.

“Salah satu faktor utama cara kita menciptakan kualitas pertanian menjadi bagus adalah dengan perairan yang baik. Dengan itu, kami bersaksi di sini agar program P3TGAI saluran irigasi untuk kelompok tani kita benar-benar tuntas. Alhamdulillah, walaupun terasa hanya sedikit, hanya beberapa ratus meter, tetapi insyaallah dapat dimanfaatkan untuk kelompok-kelompok tani di sekelilingnya,” imbuhnya.

Anggota Komisi VI DPR RI ini terus memperhatikan kesejahteraan para petani di dapilnya. Ia berharap agar para petani tidak mengalami kesulitan, terutama di masa tanam dan masa panen. “Ketika masa tanam hadir, tolong pemerintah perhatikan distribusi pupuk sampai ke seluruh para petani kita yang ada daerah-daerah, sampai pelosok ke desa-desa,” ujar Ibas.

Ia menilai, pupuk menjadi salah satu kebutuhan petani yang sangat krusial. Saat berdialog dengan para petani, beberapa mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi dan nonsubsidi. Harga nya pun terbilang cukup tinggi di pasaran.

“Pupuk subsidi jangan dikurangi, Pak. Kami mohon, tolong, tolong, perjuangkan rakyat kami,” keluh salah satu petani.

“Nggih, Pak (baik, Pak), saya usahakan semaksimal mungkin. Saya juga sudah matur (menyampaikan) agar distribusinya tetap tersedia, terutama saat masyarakat kita sedang musim tanam,” jelas Ibas.
“Selain masalah pupuk, tentu kita ingin bibit-bibit yang tersedia juga berkualitas. Dengan bibit yang baik, berkualitas, insyaallah hasil produksi kita menjadi lebih banyak dan lebh baik,” sambungnya.

Kepala Desa Baluk, Jirman Abdul Aziz Basri mengucapkan rasa terima kasih yang sangat mendalam atas segala bantuan yang telah diberikan Ibas. “Saya sebagai kepala desa mewakili warga Desa Baluk dan Kelompok Tani Rejeki Desa Baluk mengucapkan sangat-sangat berterima kasih kepada Mas Ibas. Semenjak Mas Ibas jadi anggota dewan pusat, kami selalu dibantu. Kami mohon Mas Ibas harus melanjutkan periode berikutnya,” ucap Jirman.

Anwar, salah satu petani Desa Baluk juga berterima kasih atas bantuan irigasi yang dikawal Ibas. Ia berharap saluran irigasi yang dibangun dapat bermanfaat untuk mengairi area persawahan di Desa Baluk. “Terima kasih atas kedatangan Mas Ibas di Desa Baluk. Terima kasih juga atas bantuan irigasi yang telah diberikan untuk pertanian di desa kami. Semoga Mas Ibas selalu diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan tugasnya. Semoga Mas Ibas di tahun 2024 bisa melanjutkan tugas-tugasnya, tugas negara sampai di kemudian nanti,” ujar Anwar.

Bagikan Artikel ke

BERITA LAINNYA
NASIONAL - Tumpah Ruah Jalan Sehat Bersama SBY di Pacitan, Ibas: Jadikan Kakimu Sebagai Temanmu untuk Berjalan DAPIL - Partai Demokrat Peduli, Ibas Ingin Program Pro Rakyat Tepat Sasaran DAPIL - Serap Aspirasi Petani Bawang, Ibas Ajak Pilih yang Dengar Suara Rakyat DAPIL - Tinjau Roti Khas Magetan, Ibas Ajak Warga Pilih Pemimpin Amanah dan Peduli DAPIL - Ibas Temu Sapa dengan Zilenial: Demokrat Partainya Anak Mud