Fashion EBY

Di Balik Makna Batik Gurdo Ibas


data/events/Family/batik2.jpg

Kali ini Ibas dengan bangga menggunakan Batik Gurdo. Menurut batik.or.id, Gurdo berasal dari kata garuda. Dalam pandangan masyarakat Jawa, burung garuda mempunyai kedudukan yang sangat penting yg juga tidak lepas dari kepercayaan masa lalu. Garuda merupakan tunggangan Batara Wisnu yang dikenal sebagai Dewa Matahari dan dijadikan sebagai lambang matahari. Nama tengah Ibas sendiri “Baskoro” dalam bahasa Jawa dapat diartikan sebagai “Matahari”. Oleh masyarakat Jawa, garuda selain sebagai simbol kehidupan juga sebagai simbol kejantanan. Sementara pada samping lengan Ibas dapat kita lihat adanya motif Parang.

Batik parang ini memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Batik Parang juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga.

Sehingga dapat kita simpulkan pada balutan selembar kain Batik ini kita berharap agar Ibas adalah seorang pemimpin yang selalu berjuang utk kesejahteraan dan tidak pernah putus asa dalam berjuang. 

Bagikan Artikel ke

BERITA LAINNYA
NASIONAL - Ibas Ingatkan Bahaya Risiko Penyebaran Pandemi Covid-19 Next Wave yang Mengancam di Tahun 2022  EBY FAMILY - 10 Tahun Pernikahan, Aliya Rajasa: Perjalanan Bersama yang Tak Pernah Berakhir  NASIONAL - Fraksi Partai Demokrat DPR RI Gelar Doa Bersama untuk SBY, Ibas Sampaikan Terima Kasihnya  NASIONAL - Jenderal Andika Perkasa Resmi Jadi Panglima TNI, Inilah Harapan Ibas  DAPIL - Ibas: Negara Bisa Saja Kempes Sedikit Kantongnya, tapi Rakyat Jangan!