Dapil

Bantu Banjir-Longsor Trenggalek dan Pacitan, Ibas Buka Posko Bencana Serta Salurkan Ribuan Sembako


Bantu Banjir-Longsor Trenggalek dan Pacitan, Ibas Buka Posko Bencana Serta Salurkan Ribuan Sembako

Tingginya curah hujan menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor melanda beberapa wilayah di sepanjang pesisir selatan pulau Jawa akhir-akhir ini. Beberapa di antaranya adalah Kabupaten Trenggalek dan Pacitan, Jawa Timur.

Melihat kondisi tersebut, wakil rakyat dari Dapil Jatim VII Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY/Ibas) pun tak tinggal diam. Ia membuka posko penanggulangan bencana dan menyalurkan sejumlah bantuan untuk korban bencana.

Di Pacitan, Team Garuda EBY (Team Gawat Darurat Bencana EBY) membagikan ribuan sembako untuk warga yang terkena bencana longsor secara door to door ke rumah warga. Selain itu, mereka juga menyalurkan puluhan cangkul, arko, dan terpal untuk membongkar longsoran dan menahan air hujan.

Berkolaborasi dengan Partai Demokrat, BNPB, Tagana, dan Pemerintah Kecamatan dan Desa, Team Garuda EBY juga mendirikan Posko Siaga Bencana Pacitan di Kelurahan Ploso.

Kemudian, di Trenggalek Team Garuda EBY
juga mendirikan Posko Siaga Bencana di Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan. Lokasi ini dipilih karena di daerah tersebut terdapat 3.000 penduduk yang terdampak banjir.

Team Garuda EBY Trenggalek juga menyalurkan bantuan 700 nasi bungkus dan ribuan paket sembako untuk masyarakat. Sembako tersebut terdiri dari beras, minyak, dan gula. Ibas melalui timnya juga mendirikan dapur umum, menyalurkan tangki air bersih, perahu karet ke titik-titik longsor dan banjir.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini pun menyampaikan keprihatinan dan rasa sedihnya atas bencana yang melanda Jawa Timur. “Kami turut prihatin dan bersedih. Semoga musibah dan kesulitan yang sedang kita alami ini segera berlalu. Marilah kita saling membantu, mengulurkan tangan, meningkatkan kepedulian sosial untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan. Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain dan yang membantu orang dalam kesusahan,” tutur Ibas.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat tersebut juga berharap agar bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat di Trenggalek maupun Pacitan. “Mugi-mugi (semoga) bantu menika (ini) dapat meringankan beban, kesulitan para sedherek sedoyo (saudara semuanya). Tetaplah semangat dan jaga kesehatan, Insya Allah akan segera terlewati nggih,” ungkapnya.

Ibas juga memanjatkan doa agar masyarakat yang mendapatkan cobaan terus diberikan kekuatan dan keselamatan. “Selain membantu dalam hal materi, mari bersama-sama kita memanjatkan doa. Semoga saudara-saudara yang sedang mengalami kesulitan terus diberikan keselamatan, kekuatan, dan kesehatan. Semoga mereka semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan musibah ini segera berakhir. Aamiin YRA,” tutupnya.

Eko Kurniawan, salah satu Tim Relawan Garuda EBY menyampaikan bahwa Ibas memang menginstruksikan untuk membentuk tim tanggap bantuan kemanusiaan. “Iya, Mas Ibas merasa prihatin dan ikut memantau bencana yang terjadi di Dapil Jatim VII (banjir dan longsor). Ia kemudian memerintahkan kami untuk segera membentuk tim tanggap bantuan kemanusiaan sekaligus berkordinasi dengan Kementerian Sosial, Basarnas, BNPB, dan lainnya. Mudah-mudahan kami dapat membantu saudara kita semuanya. Aamiin,” katanya.

Bagikan Artikel ke

BERITA LAINNYA
NASIONAL - Ibas: Guru "Digugu dan Ditiru" Masa Lalu, Masa Sekarang, dan Masa Depan  DAPIL - Bantu Banjir-Longsor Trenggalek dan Pacitan, Ibas Buka Posko Bencana Serta Salurkan Ribuan Sembako DAPIL - Panen Bareng Petani, Ibas Bantu dan Dukung Potensi Jagung Ponorogo DAPIL - Pelatihan Budgeting Bersama Srikandi Demokrat, Ibas Ajak Emak-Emak Sadari Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan  - Ibas Jajal Langsung Bantuan Motor Roda Tiga untuk Dukung Transportasi Petani Ngawi