Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, partainya tengah fokus melakukan konsolidasi internal. Tapi konsolidasi itu bukan berarti mengabaikan situasi nasional yang tengah berkembang. Demikian dikatakan SBY seperti dilansir media usai memimpin Rapat Pleno Partai Demokrat di Denpasar, Bali, Sabtu, 7 Maret 2015.
 
Menurut dia, Demokrat tetap mengikuti dan mencermati berbagai perkembangan situasi nasional. “Baik itu politik, ekonomi, kesejahteraan rakyat kita, penegakan hukum dan keadilan, keamanan dalam negeri, hubungan internasional atau kebijkan luar negeri Indonesia,” kata Yudhoyono saat memberi keterangan resmi DPP PD. 
 
SBY menilai, Indonesia tengah dilanda sejumlah masalah nasional yang menjadi perhatian publik. “Berkaitan dengan perkembangan situasi nasional, Partai Demokrat mencermati ada sejumlah permasalahan yang ada di negeri kita,” ujar mantan Presiden RI ini.
 
Dia berharap, Presiden Joko Widodo serius mengatasi semua persoalan bangsa dan negara. “Partai Demokrat berharap Presiden Jokowi dan pemerintah sungguh-sungguh menangani mengatasi semua permasalahan itu,” ujarnya meminta.
 
SBY berharap, Jokowi tak terlambat, apalagi keliru dalam mengambil kebijakan. “Kami berharap tidak terlambat dan jangan sampai keliru agar situasi yang kita hadapi tidak bertambah buruk,” ujarnya menambahkan.
 
Lebih lanjut SBY meminta Jokowi bergerak cepat mengatasi segala persoalan. “Cepat, tepat, serius. Saya percaya, apa pun permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan baik.” terangnya. 
 
Sementara itu, agenda lain yang akan diikuti SBY adalah olahraga bersama. SBY mengajak para kader PD untuk berolahraga bersama masyarakat Bali di kawasan Lapangan Margarana Renon, Denpasar. “Kami jadwalkan Pak Susilo Bambang Yudhoyono olahraga pagi bersama masyarakat saat car free day, Minggu (8/3) besok,” kata anggota Dewan Majelis Pembina DPP Partai Demokrat Made Mangku Pastika di sela-sela pertemuan dengan para kader Partai Demokrat di Sanur, Denpasar. 
 
Pada kesempatan tersebut, Yudhoyono beserta istri dan rombongan dari DPP Partai Demokrat akan berolahraga santai. Mantan Presiden RI itu juga akan berorasi di Podium Bebas Bicara Apa Saja di sebelah barat Lapangan Renon.
 
“Beliau akan menyampaikan orasi di Podium Bebas Bicara Apa Saja,” kata Pastika yang masih menjabat Gubernur Bali itu.