Magetan – Sebanyak 9.448 rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Kabupaten Magetan menerima bantuan program pro rakyat dari pemerintah pusat lewat Program Keluarga Harapan (PKH). Dana tersebut untuk tahap awal bulan mei ini berjumlah Rp. 2.227.000.700.
Menurut Parni Hadi, Kepala Dinas Sosial,tenaga kerja dan Transmigrasi Magetan, pencairan untuk tahap pertama program PKH ini dicairkan melalui kecamatan masing- masing.mereka yang bersangkutan langsung bisa mengambilnya tanpa ada pemotongan.
Lebih lanjut, parni menjelaskan, Untuk bulan Mei 2013 ini adalah pembagian tahap pertama. Dan baru terealisasi sebanyak 9.388 dengan jumlah uang Rp.2.215.000.400,00. sedangkan kekurangannya, pihak PKH telah memberi kesempatan bagi mereka untuk mengambil di kantor pos setempat. Total keseluruhan hingga sampai hari terakhir dana yang belum diambil sebanyak Rp.12.013.000 atau sebanyak 62 RTSM.
“ dari 4 tahapan pencairan, kemungkinan akan terjadi pertambahan maupun pengurangan jumlah, hal tersebut dikarenakan kemungkinan adanya keluarga yang pindah tempat, meninggal, serta terjadi peningkatan ekonomi, seperti sudah tidak kategori miskin lagi”paparnya.(30/5/13)
Seperti diketahui, Program PKH adalah program dari pemerintah pusat yang bersumber dari program Kementrian sosial diperuntukkan bagi RTSM untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,terutama di bidang pendidikan dan kesehatan.yang pembayarannya dilakukan oleh kantor pos. sedangkan mekanisme penyalurannya bekerjasama dengan PT kantor Pos.
Saat ditanya, mengenai criteria dalam mendapatkan program tersebut, parni menjelaskan, mereka(warga Miskin) yang tertera dalam BPS(Badan Pusat Statistik). selain itu juga kaum ibu Hamil, balita, serta keluarga yang memiliki anak usia sekolah.Maksum