TRENGGALEK – Pemerintah kabupaten Trenggalek kembali menggelar kontes durian untuk mencari varietas duren lokal unggulan. Acara yang digelar di Pasar Agrobis Kampak tersebut diikuti oleh 80 peserta dari sejumlah kecamatan penghasil durian. Bupati Trenggalek, Mulyadi Wr mengatakan, selain untuk mencari verietas baru kontes buah durian tersebut juga dipakai untuk mempromosikan produk unggulan di wilayahnya.

“Kita harapkan paa kontes ini nanti ada varietas untul yang baru, dengan demikian kontes durian ini bisa merangsang para petani untuk menciptakan varietas-varietas yang lebih bagus,” kata Mulyadi Wr. 

Mulyadi menambahkan, dari beberapa kali kontes, dinas pertanian Trenggalek berhasil menemukan beberapa varietas durian lokal unggulan. Rencananya durian unggulan tersebut akan dikembangkan menjadi dalah satu ciri khas durian Trenggalek.

Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu penghadil duriaan terbesar di Jawa Timur. Saat ini jumlah perkebunan durian tersebut mencapai 4.000 hektare, yang tersebar di pesisir selatan Trenggalek. Dengan produksi satu kali musim sebanyak 14 ribu ton. Tim Media Trenggalek