PACITAN- Tim penyaluran beras miskin (Raskin) Kabupaten Pacitan, memastikan tidak adanya beras import asal Vietnam yang disusupkan dalam kemasan beras bersubsidi tersebut. Bahkan, Perum Bulog berjanji kualitas beras seharga Rp 1.600 per kilo gram (kg) tersebut akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Pernyataan tersebut sebagaimana disampaikan, Hj. Ani Yustiani, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian, Setkab Pacitan, Jumat (5/2).
Ani menjelaskan, distribusi raskin di Pacitan sudah berjalan sebagaimana diharapkan. Namun, terkait alokasi, sejauh ini masih mengacu ketetapan pemerintah tahun 2015 lalu. ‎”Distribusi sudah berjalan sejak minggu ke tiga, Januari lalu. Alokasi masih sama seperti tahun sebelumnya,” tuturnya.
Selain jumlah alokasi yang masih belum berubah, yaitu sebanyak 12 bulan, Ani juga menegaskan, rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) secara kuantitatif juga belum mengalami perubahan.‎ Hanya personal calon penerima yang mungkin mengalami perubahan. “Kalau dari jumlah, tidak ada perubahan. Yakni sebanyak 41.519 RTSPM. Namun personal penerimanya yang berubah menurut hasil pendataan ulang dari Badan Pusat dan Statistik (BPS),” ungkap Ani.
Lebih lanjut, pejabat eselon IIIA itu mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu ketetapan pemerintah pusat terkait ada atau tidaknya penambahan alokasi raskin Tahun 2016. Sebab berkaca pada tahun 2015 lalu, alokasi raskin sempat ditambah hingga 14 bulan. Hal tersebut sebagai dampak kebijakan pemerintah menaikan harga BBM. “Kita masih menunggu hingga pertengahan tahun nanti. Biasanya memang ada penambahan alokasi,” terang istri dari H. Pamudji, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan ini pada awak media.
Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekkab Pacitan, Joni Maryono, juga menambahkan, kalau distribusi raskin sudah berjalan sebagaimana diharapkan. Dia juga menyatakan, kualitas beras berlabel yang diperuntukan masyarakat miskin tersebut jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Termasuk tidak adanya beras asal Vietnam yang masuk pada kemasan raskin. “Distribusi (raskin) sudah berjalan sebagaimana diharapkan,” tegasnya. (frend)