Ngawi-Patut di acungi jempol, selama bulan agustus ini pemkab Ngawi menorehkan rekor MURI untuk kedua kalinya. Sebelumnya dengan pagelaran Festival Gravitas Bumi yang di kemas apik di padukan dengan seni di bukit perkemahan Selondo Jogorogo, untuk kedua kalinya event Paramotor yang digelar Pemkab Ngawi selama dua hari 2-3 September 2017 akhirnya tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori jumlah penerbang terbanyak tahun ini. Tidak main-main sedikitnya ada 44 paramotor sukses terbang dilangit Ngawi tanpa kendala apapun terutama cuaca yang acapkali tidak menyimbangkan Paramotor.Pencapaian MURI sendiri untuk Kabupaten Ngawi berhasil membawahi event Paramotor di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Bali pada 2016 lalu dengan 30 paramotor yang ikut dalam kegiatan tersebut.
Puluhan paramotor mulai take off sekitar pukul 05.30 WIB dan landing pukul 07.30 WIB dilokasi lapangan Desa Grudo, Kecamatan Ngawi Kota yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Kota Ngawi. Salah satu cabang olahraga dirgantara dengan menggandeng Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) ini digelar dalam rangka merayakan HUT Kabupaten Ngawi ke-659 dan HUT Kemerdekaan RI ke-72.
“ Kita patut bangga dengan torehan Rekor MURI kembali dapat kita pegang, sesuai dengan target kita event paramotor yang digelar selama dua hari sekaligus mengenalkan Kabupaten Ngawi ke luar daerah dan mewujudkan tahun wisata 2017,” terang Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Minggu (03/09).
Sementara secara terpisah ketua FASI Kombes Pol Puja Laksana mengatakan, sebetulnya olahraga paramotor selama ini memang belum dikenal oleh masyarakat secara luas. Dengan demikian Event Paramotor Ngawi 2017 yang digagas Bupati Ngawi Budi Sulistyono menjadikan sesuatu yang luar bisa bagi olahraga dirgantara ini. Memang diakuinya, secara prosedur maupun mekanismenya pada pilot paramotor mengalami kesulitan membawa semua peralatan kelokasi kegiatan di lapangan Desa Grudo utamanya mesin 2 tak dengan baling-baling berkapasitas mulai dari 125 cc, 200 cc hingga 300 cc. Namun dengan semangat dan motivasi kuat dari para pilot paramotor sendiri akhirnya semua kendala bisa terselesaikan dengan baik.

“ Kita sangat berterimakasih kepada Bupati Ngawi karena dengan perannya kami bisa berkumpul bersama dan berhasil catat rekor MURI seperti yang di targetkan. Kegiatan ini sangat luar biasa dan para pilot paramotor sendiri datang dari berbagai daerah di Indonesia.Kami cukup puas, baik itu sambutan panitia maupun keindahan panorama alam Ngawi, sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Bupati Ngawi” ungkap Kombes Pol Puja Laksana.(ARD)