MAGETAN – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Magetan mulai bergeming membersihkan gambar-gambar cabup yang dipasang diberbagai ruas jalan protokol maupun wilayah Kabupaten Magetan.

Selain mencopoti baliho, spanduk dan stiker, Panwaslu juga mencopoti gambar-gambar yang dipasang diangkutan umum seperti becak dan dokar (kereta ditarik kuda).

Dalam operasi bersih-bersih gambar cabup itu, Panwaslu dikawal anggota Polsek, Bakesbang Linmas dan panwas kecamatan setempat.

“Kita sebenarnya sudah mengirimkan surat sebanyak empat kali kepada tim pemenangan cabup (pemilik spanduk). Tapi nyatanya tidak pernah ada tanggapan.

Terpaksa ini kami copot dan kami simpan di Panwaslu,”kata Ketua Panwaslu Kecamatan/ Kabupaten Magetan, Jermani, seusai menurunkan baliho cabup di Jl Patimura, Selosari, Magetan, Kamis (21/3/2013).

Komitmen bersama, tambahnya, penurunan dan pemberrsihan baliho, spanduk dan gambar Cabup ini tugas Satpol PP, tapi sampai tahapan Pilkada ini peran Satpol PP belum berjalan sesuai tugasnya.

“Ini mestinya tugas Satpol PP, tapi kami bisa memaklumi. Terpaksa kami dibantu teman-teman dari Polri dan Bakesbang mencopoti sendiri,”kata Jermani.

Menurut Jermani, selain di wilayah kecamatan Magetan, baliho dengan ukuran besar itu juga berada di beberapa wilayah kecamatan lain seperti di Sukomoro, Parang, Kawedanan dan Plaosan.

“Laporan dari teman-teman Panwas, dibeberapa kecamatan baliho-baliho Cabup dengan ukuran besar seperti ini masih banyak belum diturunkan. Saya sarankan untuk diturunkan. Kita berpedoman pada undang-undang Pemilu saja,”katanya. Maksum