Magetan-Dalam rangka menyukseskan Program PPSP(Program percepatan pembangunan sanitasi permukiman) Badan Perencanaan Pembangunan daerah(Bappeda) Magetan, menggelar pertemuan dengan Satuan Kerja di Lingkungan Pemkab Magetan untuk mensukseskan Program PPSP.

PPSP adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan meningkatkan kondisi sanitasi permukiman di daerah yang menghadapi masalah di salah satu atau beberapa sektor sanitasi. PPSP juga diharapkan dapat memenuhi tujuan mdgs, yaitu “mengurangi hingga separuh penduduk yang tidak mempunyai akses berkelanjutan pada air yang aman di minum dan sanitasi yang layak pada tahun 2015”. 10/5/13

Dalam Uraiannya, Kepala bappeda Magetan, Yetra Raulan mengatakan,  Sanitasi sebagai salah satu aspek pembangunan memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat, karena berkaitan dengan kesehatan, pola hidup, kondisi lingkungan permukiman serta kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, yetra mengatakan, Sampai saat ini sanitasi masih belum menjadi prioritas utama pembangunan pemerintah daerah, sehingga dampak buruk yang di akibatkan oleh sanitasi yang buruk berpengaruh pada penurunan citra kabupaten baik sebagai tujuan wisata, tujuan investasi, maupun menurunnya kesejahteraan masyarakat secara umum.

Guna memberikan solusi terhadap masalah tersebut di atas, diperlukan upaya-upaya antara lain; ppsp. Pelaksanaan ppsp pada tahun 2013 ini telah memasuki tahun ke-4 di tingkat nasional dan tahun pertama di kabupaten magetan.

Guna mencapai sasaran program ini maka perlu ditempuh proses pengusulan program dan kegiatan yang difokuskan untuk mengatasi permasalahan sanitasi saat ini dan mengantisipasi permasalahan sanitasi lima tahun mendatang. Proses tersebut dituangkan dalam dokumen-dokumen ppsp berupa dokumen buku putih sanitasi (bps), strategi sanitasi kabupaten (ssk) dan memorandum program sanitasi (mps).Maksum