PACITAN-Perlahan tapi pasti, pentahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) untuk memilih gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) terus bergulir. Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) Pacitan, Senin (18/3) melantik panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Pengambilan sumpah dan janji 60 calon anggota PPK dilakukan ketua KPUD di pendopo kabupaten. Mereka terdiri dari 5 anggota untuk masing-masing kecamatan. Ketua KPUD Damhudi menyatakan, sebagai penyelenggara pemilu tugas PPK sudah didepan mata.Selain sesegera mungkin melakukan konsolidasi untuk membentuk panitia pemungutan suara (PPS), PPK juga memiliki tugas berat lain. Yakni memutakhirkan data pemilih dari DP4.

Persoalan pemilih lanjut Damhudi harus menjadi perhatian bersama. Hal ini cukup beralasan karena pemilih merupakan instrumen penting bagi pelaksanaan pemilu. Mulai dari menentukan surat suara kelengkapan logistik hingga hasil pemilu nanti juga ditentukan oleh ketepatan jumlah pemilih. Untuk itu dalam verivikasi nanti PPK harus rajin berkoordinasi terutama dengan pemangku wilayah mulai desa hingga RT.

Sementara itu bupati Pacitan Indartato dalam arahanya mengatakan, dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang terpenting adalah berpedoman pada azas kepastian hukum. Jika semuanya berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku maka pelaksanaan pesta demokrasi juga berjalan baik. Pemerintah sendiri akan menjalankan fungsinya baik sebagai fasilitator maupun memberikan bantuan jika dibutuhkan.
Tahap demi tahap pelaksanaan pemilu kepala daerah terus berjalan. Saat ini tahapan baru memasuki persiapan. Pemilukada Jatim sendiri akan berlangsung akhir Agustus mendatang. (Frend Mashudi)