Magetan- Indonesia Go Open Source sulit untuk terwujud selama tidak didukung oleh seluruh elemen baik itu dari pemerintah maupun masyarakat. Munculnya berbagai komunitas ataupun kelompok pengguna open source di tanah air menunjukkan bahwa open source sangat diminati oleh masyarakat, meskipun juga masih banyak yang belum memanfaatkannya.
Di magetan sendiri, instansi pemerintah dan sekolah masih sangat jarang yang menggunakan linux ini.untuk lebih mengenal dan mencintai open source tersebut, SMKN 1 Takeran digelar acara yang bertajuk Kenali lalu Cintai Open Source, dengan acara Talkshow open source dan deklarasi KPLI Magetan (Lima).(30/5/13)
 Dengan menggandeng mahasiswa dari UIN Malang,Tyas hariyadi, memberikan materi pengenalan open source, mengajak para peserta yang kebanyakan adalah para pelajar dan mahasiswa untuk migrasi ke linux. Selain free, linux juga bersifat open source yang bebas dikembangakan oleh siapa saja. Acara yang diikuti sekitar 30 peserta ini dimulai sekitar pukul 08.30 sampai pukul 11.00 wib. acara ini juga menjadi pintu atau jembatan bagi kelompok mahasiswa dan pelajar ini untuk mendirikan KPLI Magetan. Maksum