Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengucapkan selamat atas kemenangan hasil perhitungan suara sementara (Quick Count) Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Syaifullah Yusuf (KarSa). Tak lupa Ibas juga mengucapkan terima kasih kepada para pendukung KarSa yang telah memilih Pasangan nomor urut 1 di Pilgub Jatim itu. “Selamat & Sukses Utk Pakde Karwo-Gus Ipul ! Jawa Timur Semakin Mandiri & Sejahtera. Terima Kasih Kepada Seluruh Pendukung..” tulis Ibas dalam akun Twitter @Edhie_Baskoro miliknya.

 

Beberapa hasil Quick Count yang dilakukan beberapa lembaga survei menunjukkan bahwa Pasangan KarSa unggul dari pasangan lainnya. Hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pasangan incumbent itu meraup 47,97 persen suara. Sementara hasil hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting – SMRC tak berbeda jauh tepatnya di angka 47,03 persen. Hal yang sama juga dirilis Indonesia Research Centre (IRC) yang menghasilkan 47,36 persen suara atas kemenangan KarSa.

 

Kemenangan sementara KarSa disusul pesaingnya Khofifah Indar Parawansa-Herman S (Berkah) dengan perolehan 38,02 persen (LSI). Sedangkan di tempat ke-tiga, LSI, IRC dan SMRC menempatkan pasangan Bambang DH-Said Abdullah dengan perolehan suara antara 11 hingga 12 persen. Di tempat buncit pasangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihar hanya mengantongi tak lebih dari 3 persen. Sejak berita ini diturunkan, data suara hasil penghitungan sementara yang masuk ke berbagai lembaga survei sudah mencapai rata-rata 90 persen.

 

Ibas berpesan kepada masyarakat Jawa Timur agar tetap menunggu hasil resmi dari KPUD dan mengimbau kepada segenap pendukung KarSa untuk mengawal hingga proses perhitungan suara selesai dilakukan. “Walau bagaimanapun keputusan pemenang yang sah ada di tangan KPUD. Kita kawal proses perhitungannya dan hormati hasilnya,” ujar Ibas.