Ambon, Maluku: Partai Demokrat terus meningkatkan kedekatan dengan rakyat. Setelah sehari sebelumnya melakukan kunjungan ke Kendari, Sulawesi Tenggara maka hari ini, Sabtu (28/9), Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono bersama rombongan DPP-PD berkunjung ke Ambon, Maluku.

Mendampingi Edhie Baskoro Yudhoyono, yang akrab disapa Ibas, dalam kunjungan itu sejumlah petinggi DPP Partai Demokrat seperti Anggota Dewan Pembina PD Pramono Edhie Wibowo, Direktur Eksekutif DPP-PD Toto Riyanto, Anggota FPD DPR-RI Agus Hermanto, dan Bendahara Umum DPP-PD Indrawati Sukadis.

Setibanya Bandara Pattimura, Ambon, Maluku, rombongan yang disambut pimpinan dan kader DPD-PD Maluku segera  menuju Kampung Nelayan Galala. Di tempat itu, Ibas dan rombongan  mengunjungi perum galala (tempat nelayan mengumpulkan hasil tangkapannya).

 

“Kunjungan kami ke lokasi ini untuk melihat dari dekat saudara-saudara kita yang berprofesi sebagai nelayan. Harapannya, aspirasi mereka dapat kita sampaikan dan implementasikan melalui program partai atau masukan untuk pemerintah,” Ibas menjelaskan.

 

Ibas menambahkan, pemberdayaan masyarakat pesisir sesuai dengan potensi lokal selayaknya menjadi perhatian kita semua yang peduli dengan saudara-saudara kita, kaum nelayan. Termasuk peningkatan kualitas pendidikan masyarakat nelayan. sehingga kedepan akses perkembangan teknologi kebaharian, peningkatan ekonomi dan pemasaran lebih mudah dilakukan.

 

Ibas juga menyampaikan perlunya pengelolaan wilayah pantai menjadi objek pariwisata sebagai sumber pemasukan lain untuk masyarakat lokal. Cara itu, menurut Ibas, bisa menjadi alternatif upaya meningkatkan harga jual ikan hasil tangkapan nelayan.

 

“Sektor pariwisata bisa menjadi alternatif sumber ekonomi masyarakat lokal manakala hasil tangkapan sedikit. Tak hanya itu, peningkatan kualitas perlengkapan nelayan dan fasilitas pemasaran juga jadi perhatian kita semua. Dengan dukungan kelengkapan teknologi perahu maupun alat tangkap, kemampuan nelayan lokal bisa sepadan dengan nelayan bangsa lain. Begitupula fasilitas pengolahan dan penjualan ikan, sehingga harga jual ikan bisa ditingkatkan,” Ibas menyampaikan.

 

Ibas mendorong implementasi program pemerintah yang semakin memihak nelayan,  sesuai dengan kondisi, karakteristik dan kebutuhan masyarakat nelayan.

 

”Kebijakan berdasarkan partisipasi masyarakat nelayan tentu akan memaksimalkan kesejahteraan untuk kaum nelayan,” kata Ibas di ujung pernyataannya.

 

Dalam kunjungan itu, Partai Demokrat juga memberikan bantuan berupa jaring dan bantuan lainnya kepada para  nelayan agar semakin meningkatkan prooduksinya. Rombongan juga meninjau proses penyimpanan ikan dan pendinginan ikan di perum galala. Setelahnya rombongan mengunjungi kegiatan bakti sosial berupa program pengobatan gratis yang difasilitasi Partai Demokrat di Kampung Nelayan Galala, Ambon, Maluku.

 

Usai mengunjungi Kampung Nelayan Galala, Ibas dan rombongan menuju UKM Kulit Kerang, di Desa Batu Merah, Ambon. Dari sana, rombongan meninjau korban kebakaran yang mengungsi di Mesjid Jami Kota Ambon untuk memberikan bantuan