Ngawi- Menjamurnya penggiat usaha mikro dikabupaten Ngawi nampaknya tidak dibarengi dengan kekuatan modal yang cukup sehingga mereka terkadang gulung tikar hanya sebatar umur jagung. Mendasar hal itu, Anggota DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengapresiasi pelestarian lingkungan di Kabupaten Ngawi dengan adanya UKM berlatar belakang pemanfaatan barang bekas di Kecamatan PItu Ngawi. “Kami salut dan bangga karena ternyata Masyarakat Ngawi dapat berkarya dan mampu melestarikan lingkungan secara gotong royong dan dibarengi semangat kebersamaan menciptakan sesuatu yang baru tanpa harus mengeluarkan modal banyak,” kata Ibas di Jakarta.

     

Upaya melestarikan lingkungan tersebut di gagas oleh pemuda yang semangat membangun desanya berkarya terus untuk meninggalkan kesan minim kesejahteraan. Tergabung dalam karang taruna Lestari Widodo yang di ketuai oleh Marhaenas Putra sedikitnya warga desa Selopuro Pitu Ngawi, saat sekarang sudah berubah anggapan bahwa sampah itu mempunyai nilai jual. Dekat dengan kawasan tempat pembuangan akhir sampah menjadi bukti dari ide pemuda lulusan Unev Janabadra Yogyakarta, mampu merubah sampah plastik menjadi sesuatu yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.

” saya merasa sayang melihat sampah yang tidak berguna berserakan di TPA terbuang dengan cuma-cuma , dengan bantuan warga sekitar sampah plastik kami kumpulkan dan membuat beraneka macam tas dan tempat koran dan minuman mineral” ungkapnya.     

 

Sampah-sampah plastik hasil dari pengumpulan warga di sentrakan di Bank Sampah Karang Taruna Lestari Widodo, dan bersama para pemuda setempat Wowok demikian panggilan akrabnya berhasil membawa Desa Selopuro Pitu Ngawi menjadi proyek percontohan dinas lingkungan hidup Kabupaten Ngawi sebagai salah satu karang taruna obyektif. 

 

” Tidak sia -sia apa yang dilakukan oleh pemuda warga desa Pitu Ngawi, terus tingkatkan semangatmu dan berkarrya tanpa bergantung dengan orang lain itu menjadi salah satu UKM yang  mampu bersaing dengan pasar bebas” ungkap Ibas panggilan akrab Anggota DPR RI dari partai Demokrat.ARD