Bogor – Partai Demokrat akan terus menyerap aspirasi masyarakat dan mengimplementasikan aspirasi masyarakat dalam berbagai program kerja partai sehingga Demokrat bisa terus tampil menjadi partai yang dekat dengan masyarakat yang siap mengawal program-program pembangunan agar  bisa dinikmati oleh masyarakat.
Demikian salah satu poin yang disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhis Baskoro Yudhoyono atau Ibas saat membuka acara Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat ke-II yang diselenggarakan di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Senin, 22/10/2012.

Pada kesempatan ini, Ibas menyampaikan tiga poin penting untuk seluruh kader Partai Demokrat di Provinsi Jawa Barat. Pertama, Konsolidasi internal dan organisasi. Menurut Ibas,  Musda Demokrat Jawa Barat  tertunda karena mencari momentum yang tepat.


“Hari inilah momentum yang tepat untuk kita konsolidasi ke dalam. Mari kita lanjutkan konsolidasi internal dan menjaga soliditas antarsesama kader,” terang Ibas saat menyampaikan sambutan.
Ditambahkan Ibas, informasi yang mengemuka di masyarakat, seolah-olah internal Demokrat tidak solid, untuk itu, Ibas melanjutkan ajang Musda menjadi forum yang tepat untuk menyelesaikan perbedaan pendapat dan menunjukkan kader Demokrat solid.

“Mari kita gunakan forum yang tepat untuk menyelesaikan perbedaan pendapat. Konsolidasi tidak hanya dilakukan di tingkat pusat tapi juga di tingkat daerah agar seluruh kader kompak dan solid,” tambahnya.
Poin kedua yang disampaikan Ibas menyerap aspirasi dan implementasi aspirasi masyarakat lewat program pembangunan. Menurutnya, dengan menyerap aspirasi, masyarakat akan menilai bahwa Partai Demokrat terus bekerja untuk rakyat. “Kita tidak boleh terpengaruh hasil pooling.


Melainkan menjadikannya  sebagai bahan evaluasi. Penting untuk kita turun ke bawah menyerap aspirasi masyarakat. Program-program pembangunan pemerintahan SBY yang terus berjalan dan diimplementasikan harus kita teruskan di daerah masing masing,” ujarnya.
Ketiga yang disampaikan Ibas terkait perbaikan manajemen organisasi dan kinerja organisasi. “Mari kita perbaiki  manajemen organisasi dan tingkatkan kinerja organisasi. Kata kuncinya adalah sinergitas antara kita semua kader Demokrat untuk membangun organisasi lebih baik lagi ke depan,” imbuhnya.
“Mari kita membantu mensosialisasikan program pro rakyat ke masyarakat. Program prorakyat, pro tenaga kerja, pro lingkungan agar masyarakat tahu dan bisa menikmatinya,” tambah Ibas mengajak ratusan kader Demokrat yang hadir.
Ibas optimis Partai Demokrat masih dicintai masyarakat karena eksistensi partai di tengah-tengah masyarakat terus disambut antusias masyarakat di berbagai daerah. “Walaupun padi telah menguning, bunga tumbuh warna-warni namun Tapi kita semua akan teduh, aman dibawah naungan langit yang biru,” tutup Ibas optimis.
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang turut hadir dalam acara itu  menyampaikan pentingnya peran parpol sebagai partikulator kehendak rakyat. “Setiap Parpol menjadi agregator  aspirasi masyarakat. Sehingga,
parpol memiliki tanggung jawab mewujudkan kesejahteraan untuk masyarakat,” terang Ahmad.
Ia menambahkan, tangung jawab terbesar untuk  memajuhkan wilayah Jawa Barat ada di tangan kader Partai Demokrat karena Demokrat memiliki wakil rakyat terbanyak di Jabar.

Terkait pelaksanaan Musda Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat,  Ahmad mengingatkan, bahwa masyarakat cenderung melihat implementasi program kerja partai, bukan seremoni politik yang dijalankan partai.  “Bagi masyakarat, bukan perhelatan politik partai yang utama tapi implementasi dari  program partai untuk masyarakat,” harap pria berkaca mata ini.

Ia berharap, keputusan Musda Demokrat Jabar bisa menghasilkan keputusan untuk membangun Jawa Barat semakin maju. “Mudah-mudahan Musda Demokrat dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat untuk masyarakat Jawa Barat,” tutupnya.
Pada acara ini, Ibas menyerahkan medali kepada lima anggoda DPR RI Fraksi Demokrat asal Jawa Barat yang berhasil meraih lima besar suara terbanyak.
Sementara Ketua DPD Demokrat Jabar,  Iwan Sulanjana turut memberikan medali kepada lima besar anggota DPRD Provinsi Jabar yang berhasil memperoleh suara terbanyak pada pemilihan anggota DPRD 2009 lalu. dvd