Jakarta : Sekjen Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota Komisi I DPR RI. Ibas mengaku akan fokus dalam agenda penyelamatan Partai Demokrat. “Saya mundur dari anggota DPR, Saya akan konsentrasi sebagai Sekjen Partai Demokrat,” kata Ibas dalam jumpa pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (14/2).

 

Didampingi Ketua FPD DPR, Nurhayati Alie Assegaf, Ibas mengaku tak ingin tanggung jawabnya di Partai Demokrat membuat tugas-tugasnya di DPR terbengkalai.

 

Untuk itu ia ingin fokus memulihkan citra Demokrat. “Jika Saya masih menjadi anggota DPR, tugas saya tidak akan berjalan dengan baik,” seloroh putra bungsu Presiden SBY ini.

 

Ibas mengaku akan fokus membantu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY, menyelamatkan partai berlambang bintang Mercy itu. Tak hanya itu, Ibas juga bakal melakukan konsolidasi nasional memulihkan suara Demokrat pada Pemilu 2014 mendatang. “Sebagai Sekjen partai tentu saya bertanggung jawab, membantu ketua majelis tinggi partai dan ketum dalam penataan dan konsolidasi yang menjadi prioritas,” ujar ayah satu anak ini menegaskan.

 

Selain itu Ibas juga menjelaskan perihal absen rapat paripurna pada 12 Februari yang lalu bahwa dirinya ada kepentingan mendesak perihal pelaksanaan Rapimnas Partai Demokrat hari Minggu, 17 Februari 2013 mendatang. Oleh karena itu, Ibas meminta maaf atas kekeliruan dan pengunduran dirinya sebagai anggota DPR RI Komisi I kepada Pimpinan DPR RI, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, para rekan anggota DPR RI dan juga masyarakat Indonesia. “Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya.

 

Saya juga minta maaf karena 1,5 tahun yang akan datang ini Saya terpaksa mengundurkan diri karena harus berkonsentrasi pada tugas politik Saya yang lain. Insya Allah, apa yang Saya perjuangkan dan lakukan selama ini, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan dan Trenggalek, akan diteruskan oleh pengganti Saya dalam PAW yang akan datang.

 

Insya Allah Saya juga akan tetap berkunjung ke Dapil VII Jawa Timur sebagaimana yang terus Saya lakukan selama ini, meskipun tentunya tidak seaktif dan sesering dulu. Mohon dimaafkan atas kekeliruan yang dibuat selama ini.” Tutupnya.