Ambon: Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono yang akrab disapa Ibas meminta para perajin di sentra kerajinan kulit kerang Batumerah, Kecamatan Sirimau, Ambon, Maluku, untuk mempertahankan kualitas kerajinan kulit kerang.

 

“Di lokasi ini banyak potensi yang perlu dikembangkan lagi namun yang pertama yang harus dijaga adalah kualitasnya, sebab walaupun hasil kerajinannya banyak dan beragam namun kualitas atau mutu dari produk kerajinan tidak terpelihara makan lambat laun akan tergerus dengan perkembangan pasar itu sendiri,” kata Ibas saat mengunjungi sentra produksi kerajinan kulit kerang di Desa Batumerah, Kecamatan Siriamu, Ambon (Sabtu, 28/09/2013).

 

Kunjungan Ibas ke Batumerah, Ambon, didampingi sejumlah petinggi DPP Partai Demokrat seperti, Anggota Dewan Pembina PD Pramono Edhie Wibowo, Direktur Eksekutif DPP-PD Toto Riyanto, Aggota FPD DPR-RI Agus Hermanto, dan Bendahara Umum DPP-PD Indrawati Sukadis.

 

Ibas menjelaskan, bahan baku karajinan yang melimpah seharusnya dapat memacu para perajin untuk terus meningkatkan produktifitasnya.

 

“Bahan baku yang melimpah harus bisa menjadi modal untuk terus meningkatkan produktifitas. Namun dengan mempertahankan cirri khas produk kerajinan Batumerah,” Ibas menambahkan.

Ibas juga optimistis, daya saing produk lokal di wilayah ini mampu terus bertahan dengan produk-produk serupa dari daerah lain.

 

“Saya optimistis, para perajin di sini bisa semakin inovatif dan kreatif menciptakan produk-produk kreasi yang beraneka dan mampu bersaing dengan produk-produk kerajinan di daerah lain,” kata Ibas.

 

Ibas pun mendorong terbukanya pasar yang seluas-luasnya bahkan sampai ke manca-negara untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk kerajinan asal Batumerah, Ambon.

 

“Pasar dalam negeri kita masih sangat besar dan luas apalagi kalau kita mampu menembus pasar internasional. Ini tantangan untuk para perajin mampu mendapatkan akses ke arah itu,” Ibas mengakhiri pernyataannya.