Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengumumkan rotasi pimpinan Fraksi Demokrat di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, (23/5). “Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat memutuskan sebuah kebijakan menyangkut penyegaran kepengurusan agar Fraksi Partai Demokrat lebih optimal dan progresif, DPP Demokrat memutuskan untuk menunjuk Nurhayati Ali Assegaf sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat, dan Sekretaris Fraksi Demokrat akan dipegang oleh Saan Mustofa.” ucap Ibas yang juga anggota Komisi I DPR RI.

 

Ia menekankan, rotasi adalah hal wajar yang juga dilakukan fraksi-fraksi partai lain di DPR, tidak hanya Demokrat. “Penyegaran ini merupakan hal yang wajar dan bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan produktifitas Fraksi Partai Demokrat di DPR,” tegas Ibas.

 

Untuk itu, politisi muda ini meminta agar formasi Fraksi partai Dmeokrat yang baru untuk bekerja keras, kerja cerdas dan kerja santun. “Tentunya disertai rasa profesionalitas dan loyalitas kepada Partai Demokrat demi terciptanya fungsi manajemen fraksi yang baik dan tepat dalam menjalankan fungsi legislasi, budgeting dan menyerap aspirasi,” tambahnya.

Ibas menyatakan, Demokrat memandang saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan penyegaran fraksi secara keseluruhan. “Kami telah memberi waktu 2,5 tahun kepada kader Demokrat sebelumnya untuk menjabat,” ujar Ibas.

Selain perubahan pimpinan Fraksi Demokrat, sejumlah kader Demokrat yang duduk sebagai pimpinan di sejumlah komisi di DPR juga mengalami perubahan.

 

Perubahan pimpinan Fraksi Partai Demokrat di komisi – komisi DPR RI sebagai berikut:

1.  Wakil Ketua Komisi I DPR dipegang oleh Ramadhan Pohan

2.  Wakil Ketua Komisi II DPR dipegang oleh Taufiq Effendi

3.  Ketua Komisi III DPR dipegang oleh I Gede Pasek Suardika

4.  Wakil Ketua Komisi IV DPR dipegang oleh Herman Khaeron

5.  Wakil Ketua Komisi V DPR dipegang oleh Mulyadi

6.  Wakil Ketua Komisi VI DPR dipegang oleh Benny K. Harman

7.  Ketua Komisi VII DPR dipegang oleh Sutan Bhatoegana

8.  Wakil Ketua Komisi VIII DPR dipegang oleh Gondo Radityo Gambiro

9.  Wakil Ketua Komisi IX DPR dipegang oleh Nova Riyanti Yusuf

10. Ketua Komisi X DPR dipegang oleh Agus Hermanto

11. Wakil Ketua Komisi XI DPR dipegang oleh Timo Pangerang

 

Alat Kelengkapan DPR RI
1. BURT : dr. Indrawati Sukadis
2. BAKN : Mayjen (Purn) Yahya Sacawiria, S. IP
3. BKSAP : Hayono Isman, S. IP
4. Baleg : Ignatius Mulyono
5. BK : H. Abdul Wahab Dalimunthe, SH
6. Banggar : Ir. Djoko Udjianto