Banten –Anggota Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas mendampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, meresmikan rumah pintar Baladika, Kesatrian Gatot Soebroto, Grup 1 Kopassus, Serang, Provinsi Banten, Kamis (7/6). Sejumlah 27 rumah pintar (Rumpin) diresmikan secara simbolis, diantaranya Rumpin Dadap Tangerang (Banten), Rumpin Ardya Cendikia TNI-AU Makassar (Sulsel), Rumpin Cendikia Halim (Jakarta), dan Rumpin Halalan (Sumut).

 

Dikutip situs, presidenri.go.id, Ibu negara menyampaikan pesan agar semua pihak bisa menjaga agar rumah pintar tersebut bisa berjalan dengan baik. “Jagalah keberadaan rumah pintar, hanya kita semua yang bisa menjamin rumah pintar dapat berjalan. Kami di SIKIB dan para mitra hanya berupaya membidani lahirnya rumpin, namun tidak mungkin bisa mengelolanya sendiri,” kata Ibu Ani dalam sambutannya.

 

Rumpin merupakan program yang digagas Ibu Negara bersama Solidaritas Isteri-isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Tujuannya memberikan sarana belajar dan bacaan bagi anak-anak secara gratis. “Marilah kita manfaatkan rumpin ini secara baik ,diisi dengan kegiatan yang bermannfaat serta dijaga kebersihannya biar tetap bermanfaat bagi orang banyak,” Ibu Negara berpesan.

 

Sementara itu, Edhie Baskoro Yudhoyono menyambut baik peresmian rumah pintar Baladika ini karena  rumah pintar merupakan program yang edukatif. “Rumah pintar sangat efektif sebagai sarana pendidikan usia dini. Semoga program ini bisa menjadi pendorong terciptanya sumber daya manusia yang handal di masa depan,” terang politisi muda ini.

Ibas menambahkan, peran generasi penerus  bangsa yang berkualitas merupakan bagian dari  ketahanan bangsa. “Jika pendidikan ditanamkan sejak dini, generasi penerus bangsa Indonesia ke depan akan semakin berkualitas dan mampu bersaing di pentas internasional,” jelas Sekretaris Jenderal Partai Demokrat ini.  

 

Pada kesempatan ini, Ibu Ani memberikan alat permainan edukatif dan sejumlah buku kepada 27 Rumpin yang diresmikan. Selesai meresmikan, Ibu Negara meninjau sejumlah fasilitas Rumpin Baladika, seperti Sentra Lalu Lintas, Sentra Kesehatan, Sentra Rumah Pohon, Sentra Radio, Sentra Herbalia, dan diakhiri dengan penenaman pohon Jacarada di halaman sekitar Rumpin.

 

Hingga Juni 2012 telah terdapat sekitar 592 rumah pintar, termasuk 27 rumah pintar yang baru diresmikan tersebut, di seluruh tanah air. Selain rumah pintar, juga terdapat 150 mobil pintar, 404 motor pintar dan tiga kapal pintar di seluruh Indonesia dan Lebanon. Tiga kapal pintar beroperasi di Sungai Kapuas, Sungai Mahakam, dan Kepulauan Maluku. dvd/foto:antara