Trenggalek – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, menggelar resepsi untuk menyambut Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada pada 2 Mei. Resepsi tersebut diselenggarakan di halaman SDN 1 Sumbergedong dan dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Trenggalek, Ketua Pepadi serta masyarakat, Selasa malam (1/5).

 

Dikutip situs humas setda, acara diawali pertunjukkan seni jaranan Turonggo Yakso dan pagelaran wayang oleh dalang cilik dari beberapa sekolah di Trenggalek. Pagelaran wayang oleh dalang cilik mengambil judul Gatotkaca Jedi. Mereka adalah Arfista Brian Ramadhani, Punjung Prayogo, Reneng Alang, Syamsul Gondo Prasetyo, Andi Lukman, Ahmad Novan Setiono, Vuricho Fajorus Shodiq dan Genit.

 

Ketua Pepadi Pusat, Bambang Eko Tjipto, SH menyampaikan bahwa Pepadi melaksanakan diskusi dengan Kementerian Dikbud tentang wayang masuk kurikulum sekolah. “Ini bertujuan untuk mensuport pengembangan budaya wayang khususnya” ucap Eko. Karena pelestarian wayang harus didukung 3 aspek yaitu ilmu pewayangan, regenerasi pedalang dan regenerasi penonton.

 

Ia menambahkan, regenerasi penonton wayang menjadi tantangan yang sedang dihadapi. Hal ini disebabkan pengaruh budaya asing yang masuk tanpa filter. “Kalaupun ada filter, itu sangat tipis sekali. Ini yang sangat mempritahinkan kita” imbuh Eko. Perlu kerja keras, supaya warisan budaya kita yang sudah diakui dunia tidak hilang, dengan pengenalan wayang melalui sekolah dengan intensif.

 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Trenggalek yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Sudarto, M.M menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dilaksanakan acara pertunjukkan seni turonggo yakso dan pagelaran wayang. Karena masih ada anak-anak didik kita yang berjuang dibidang kebudayaan terutama pewayangan. Karena pelestarian kebudayaan merupakan tanggung jawab kita bersama.

 

Usai memberikan sambutan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan di damping Ketua Pepadi Pusat secara simbolis menyerahkan gunungan  kepada salah satu dalang cilik, sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang dalam rangka memperingati Hardiknas 2012 di Kabupaten Trenggalek.

 

dvd/ http://humassetda.trenggalekkab.go.id