PONOROGO – Bupati Ponorogo, Jatim, H. Ipong Muchlissoni mengaku bangga kepada KONI Ponorogo karena bisa mengadakan Porkab dalam upaya mencari atlit muda berbakat dari Kabupaten Ponorogo. “Selamat bertanding kepada seluruh atlit dalam even Porkab 5 dan Kejurkab 3 Panjat Tebing, ini adalah titik tolak untuk membangkitkan semangat olah raga di bumi reyog,” ujar H. Ipong Muchlissoni.
 
Saat Pekan Olahraga Kabupaten Ponorogo ke – 5 Tahun 2016, Jumat (9/9) pagi, resmi dibuka melalui upacara yang dilaksanakan di Halaman Pendopo Kabupaten Ponorogo. Upacara ini sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional, yang kali ini menginjak tahun ke – 33. 
 
Saat itu, Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni bertindak sebagai pembina, dan diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Ponorogo, Kepala SKPD, pejabat di lingkungan Pemkab, serta sejumlah tamu undangan. 
 
Menurut Pria yang pernah gagal dalam 2 Pilkada di Kaltim ini menjelaskan bahwa Porkab ke 5 ini adalah persiapan menuju Pekan Olah Raga Remaja Provinsi Jawa Timur. “Untuk itu kita ingin bersama-sama berjuang dan membuktikan bahwa atlit-atlit Ponorogo dapat mengukir prestasi di tingkat Provinsi, Nasional dan Internasional,” imbuhnya.
 
Dia berpesan kepada seluruh atlit untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam Porkab 5. “Mari bertanding dengan penuh semangat, junjung tinggi sportifitas dan lampaui rekor-rekor yang sudah ada,” tegasnya.
 
Pada kesempatan itu Bupati Ipong mewacanakan Porkab akan diadakan 2 tahun sekali. “Kedepan saya mengajak KONI untuk mengadakan Porkab menjadi even 2 tahunan sebagai wadah pembinaan olah raga dan prestasi yang dapat mengharumkan nama Ponorogo dan juga sebagai wadah pemersatu anak bangsa,” tukasnya. 
 
Dalam seremonial pembukaan Porkab 5 dan Kejurkab 3 Panjat Tebing tersebut Bupati dengan menembak tangkai balon udara. Sedangkan Ketua KONI Ponorogo, Sugeng Prawoto menjelaskan, penyelenggaraan Porkab ke 5 Tahun 2016 merupakan upaya untuk menjaring dan membina atlet-atlet daerah, serta persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi tahun 2017.
 
“Porkab digelar selama 6 hari hingga 15 September, mempertandingkan 9 cabang olahraga, dengan jumlah atlet mencapai 1.093 orang,” ungkap Sugeng Prawoto.
 
Pada Porkab 5 Ponorogo juga dilaksanakan bersamaan dengan Kejurkab Panjat Tebing 3 Tahun 2016. ”Sedangkan tema Porkab 5 dan Kejurkab Panjat Tebing 3 tahun 2016 ini adalah meningkatkan prestasi atlit-atlit Ponorogo menuju Porprov Jawa Timur 2017 mendatang,” harapnya. (mnc)