Ponorogo – Atlet Panjat Tebing asal Kabupaten Ponorogo kembali raih medali emas dan perunggu di ajang Kejurprov Jawa Timur. Dua medali itu, diraih Calista Rezan Farrel di Kategori Speed dan meraih medali emas. Sedangkan Amboro Tri Sutrisno raih medali perunggu di Kategori Speed Record.

Seperti yang dikatakan Ketua Umum FPTI Kabupaten Ponorogo Agus Widodo, SE, M.Si melalui Moh. Hafidz Sekretaris FPTI Kabupaten Ponorogo, bahwa raihan dua medali emas dan medali perunggu di ajang Kejurprov Jawa Timur, 4 April sampai dengan 7 April lalu itu di komplek wall climbing KONI Jawa Timur, di peroleh Calista dan Amboro setelah menyisihkan atlit asal Kota Surabaya, Malang dan Sidoarjo.

Memang, lanjut ia, dua medali emas dan perunggu di raih Calista dan Amboro di kategori Spee, dikarenakan dua atlit ini  yang paling menonjol diantara atlit lainnya di kategori speed dan setelah Kejurprov ini, Calista dan Amboro mendapatkan tiket untuk bertanding di Kejurnas Panjat Tebing di Nusa Tenggara Barat.

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa semua atlit yang dikirimkan di Kejurprov 4 s/d 7 April lalu, semua masuk sampai babak final dan rata-rata peringkat 4,5 dan 6. Tetapi yang kebetulan di andalkan dari Kabupaten Ponorogo Calista Rezan Farrel dengan raihan medali emas kategori Speed dan Amboro Tri Sutrisno meraih medali perunggu di kategori speed record ini sudah dipredikasikan dengan melihat peta gudang-gudangnya atlit di Jawa Timur.

Menurutnya, dengan hasil Kejurprov tahun 2013 ini, FPTI Kabupaten Ponorogo akan terus melakukan evaluasi agar di pekan olahraga propinsi (Porprov) Juni mendatang, Kontingen Panjat Tebing Kabupaten Ponorogo bisa memberikan yang terbaik untuk Ponorogo.

Memang sampai sejauh ini, jelasnya,  atlit Panjat Tebing Kabupaten Ponorogo masih didominasi atlit kategori kecepatan atau Speed. Sedangkan untuk kategori Lead maupun Boulder masih terus dilakukan peningkatan porsi latihannya supaya bisa berbicara di ajang Porprov IV Jatim Juni mendatang nanti di Kota Madiun.

Ia menilai, dengan melihat atlit-atlit dari luar daerah yang bertanding di Kejurprov 4 April lalu, untuk sementara ini masih dua medali yang kita targetkan di Porprov Juni mendatang. Kalau menargetkan lebih dari dua medali itu, maka FPTI Kabupaten Ponorogo akan meningkatkan porsi latihan teknik dan mental bertanding atlit.

Dia juga mengatakan, FPTI Kabupaten Ponorogo bakal mengirimkan sembilan atlit yang akan ikut berlaga. Sembilan atlit itu diperkuat tiga putri dan enam putra untuk semua kategori yakni Speed, Lead dan Boulder. Muh. Nurcholis