Dapil

Keren! Ibas Dukung UMKM Genteng Karya Pemuda Kamulan


Keren! Ibas Dukung UMKM Genteng Karya Pemuda Kamulan

UD Buana Jaya Desa Kamulan, Trenggalek, Jawa Timur adalah salah satu UMKM dalam bidang produksi dan penjualan genteng. Uniknya UMKM ini sebagian besar pekerjanya adalah para pemuda daerah setempat. Beberapa berasal dari santri pondok pesantren Tengah.

Sebagai wakil rakyat yang terus memberi perhatian penuh pada bidang UMKM dan pendidikan, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono pun melakukan kunjungan langsung ke Desa Kamulan untuk melihat industri genteng tersebut (22/12/22).

Ibas melihat UMKM genteng di Desa Kamulan memiliki potensi yang sangat besar. Dalam sehari, produksi genteng bisa mencapai 500 – 1.000 buah atau sekitar 12.000 per bulan. Sudah lebih dari 10 tahun berproduksi, Ibas percaya bahwa UD Buana Jaya dapat terus dikembangkan dan membantu ekonomi kerakyatan di Desa Kamulan.

Selain melihat proses produksi, ia juga berdialog langsung dengan para pemuda dan masyarakat. Ibas mengapresiasi para mereka, sebagai anak muda yang tetap semangat menuntut ilmu sambil bekerja.

“Kepada adik-adikku generasi muda, jangan pernah kita berhenti melanjutkan pendidikan, harus terus semangat belajar. Mari kita contoh orang tua kita supaya kelak jadi anak sholeh dan sholehah yang berbakti tidak hanya kepada orang tua, tetapi juga wilayah yang sama-sama kita cintai. Ayo bangun desa, bangun kabupaten, bangun negeri untuk masa depan yang sama-sama kita banggakan,” pesan Ibas.

“Tolong dikembangkan terus usahanya, makin diperluas penjualannya, ditingkatkan lagi kualitasnya dari waktu ke waktu. Jangan lupa dilabeli, supaya orang-orang yang ada di Jakarta atau di kota-kota besar tau kualitas produksi genteng dari Desa Kamulan,” sambungnya.

Selesai meninjau seluruh proses pembuatan genteng, Ibas juga memberikan bantuan berupa 50 liter minyak press dan 500 paket beras. Minyak press yang diberikan Ibas benar-benar dibutuhkan sebagai salah satu bahan pembuatan genteng yang berguna untuk menghindari genteng lengket dengan genteng lain.

Pemilik UD Buana Jaya, Hamid juga menyambut baik kedatangan Ibas. Ia merasa sangat terbantu dengan pemberian minyak press dari Ibas. “Matur nuwun sanget (terima kasih banyak), Mas Ibas. Minyak press memang cukup berpengaruh dalam pembuatan genteng, karena kalau tidak pakai minyak proses pencetakan tanah litanya itu jadi lebih susah. Belum lagi kalau tanahnya memang keras, jadi lebih susah lagi,” jelas Hamid.

Sugeng Prayitno, salah satu santri yang bekerja di UD Buana Jaya merasa termotivasi dengan pesan-pesan yang disampaikan Ibas. “Saya sudah hampir satu tahun bekerja. Dulu pas awal-awal memang terkendala karena pagi bekerja, siangnya ke pondok (pesantren), belajar kadang suka mengantuk dan tidak fokus. Tapi alhamdulillah sekarang sudah terbiasa. Benar yang disampaikan Mas Ibas, yang penting jangan menyerah, pendidikan tetap yang utama,” imbuhnya.

Bagikan Artikel ke

BERITA LAINNYA
- Sambut Putusan MK, Ibas Sampaikan Selamat dan Harapannya untuk Prabowo-Gibran - Halal Bihalal di Ngawi dan Magetan, Ibas Ucapkan Terima Kasih dan Tanamkan Kerukunan DAPIL - Rekapitulasi DB1 Tingkat Kabupetan: Suara Ibas Tak Terbendung di Posisi Atas - Hasil Pemilu Sementara: Edhie Baskoro Yudhoyono Raih Suara Tertinggi Caleg DPR RI Jatim VII - Nyoblos di Pacitan, Ibas: Demokrat Sukses Pemilu, Indonesia Bahagia, Maju, dan Sejahtera