Dapil

Ibas Temu Sapa dengan Zilenial: Demokrat Partainya Anak Mud


Ibas Temu Sapa dengan Zilenial: Demokrat Partainya Anak Mud

Di masa sekarang, generasi millennial dan gen Z menjadi harapan besar menuju Indonesia Emas 2045. Hal inilah yang dilirik Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Saat berkunjung di Kabupaten Ngawi (7/12/23), Ibas didampingi sang Istri, Aliya Baskoro Yudhoyono, sengaja menyediakan sesi khusus bertemu generasi millennial dan gen Z dalam “Kongko Muda Kreatif Maju Bersama Mas Ibas”. Banyak hal yang dibahas pada acara tersebut, seperti musik, politik khas anak muda, dan motivasi masa depan.

Ibas menyampaikan bahwa generasi muda harus bisa menjadi contoh dan inspirasi dalam meraih mimpi di masa kini dan depan. Ia mendukung penuh agar anak muda bisa melanjutkan pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi, bahkan S2 maupun S3. Ia juga berharap agar para anak muda dapat menyeimbangkan nilai-nilai dalam kehidupan, baik dalam membahagiakan diri sendiri, menemukan jati diri, berbakti pada orang tua, serta terus beribadah.

“Yang muda yang berbakti kepada orang tua, yang muda yang berkreasi dalam kehidupan seni dan budaya, yang muda juga terus menjadi contoh sebagai inspirasi, meraih mimpi-mimpi yang positif untuk masa kini dan masa depan kita semuanya,” tutur Ibas. “Tidak ada yang terlalu sempit untuk kita lalui kalau kita ingin memulainya. Kata-kata dalam bahasa Inggris, Dream Big, Work Hard, and Never Give Up; Start Now!” sambungnya.

Anggota DPR RI Dapil Jawa Timur VII dari Partai Demokrat ini juga memberikan motivasi agar para generasi muda tidak hanya bergantung pada lapangan kerja yang ada, tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan kreativitas dan keterampilan yang dimiliki. Ia juga mengimbau agar generasi millennial dan gen Z bisa terus menjaga sikap dan tutur kata, termasuk menghindari hoax, fitnah, dan ujaran kebencian.

“Saya ingin generasi zilenial ini menjadi generasi yang terus meningkatkan kreasinya, tidak sering mengeluh apalagi melakukan cara-cara komunikasi yang keluar dari kepatutan demokrasi beretika. Kita bisa berkata jujur, berkata baik, berkata positif, maka kita mesti hindari bicara terkait dengan hoax, ‘negativity,’ atau sesuatu yang buruk,” pesan Ibas.

Dalam acara tersebut, diputarkan pula musik video klip dalam album baru Ibas, “Dendang Melodi & Terang Memori.” Album ini merupakan karya musik kolaborasi Ibas dengan 10 musisi nasional. Ia berharap, album musik ini bisa memberi motivasi kepada para musisi muda, khususnya di Ngawi untuk terus berkarya.

“Saya berharap band-band yang ada di Kabupaten Ngawi juga terus berkreasi, terus memberikan pencerahan kepada dunia musik kita. Dan kita punya contoh di Ngawi ini ada penyanyi-penyanyi kelas nasional, ada Mas Deni Caknan dan Almarhum Didi Kempot. Artinya, Kabupaten Ngawi pernah punya sejarah dalam menciptakan kreasi seni musik yang kemudian kita bisa mengikuti jejak senior-senior kita itu,” harap Ibas.

Ada hal menarik saat sesi ice breaking tebak lagu. Meskipun album "Dendang Melodi & Terang Memori" baru dirilis beberapa hari lalu, ternyata beberapa sudah ada yang hafal lagu-lagu pada album tersebut. Saat diminta melanjutkan lirik lagu Evan Loss - Sing Tenang Sayang misalnya, Alis Puspitadewi dengan cepat mengangkat tangan dan mampu melanjutkan lirik lagunya.

"Sing tenang sayang, rasah muring-muring, tresnoku ro kowe rabakal berpaling. Aku yakin cinta kita happy ending," ucap Alis menyenandungkan lagu sembari diikuti tepuk tangan teman-temannya.

Tidak lupa, Ibas juga memohon doa restu dan mengajak seluruh anak muda untuk meramaikan pesta demokrasi yang akan digelar tanggal 14 Februari 2024 nantinya. “Kami mohon doa restu, Mas Edhie Baskoro Yudhoyono dari Partai Demokrat, partainya anak muda, partainya semua golongan, baik yang tua, yang muda, yang cewek, yang cowok, insyaallah Partai Demokrat terus peduli terhadap generasi muda dan kehidupan masyarakat di Kabupaten Ngawi,” tutur Ibas.

“Dalam pemilu 2024 nanti, semoga berikan suaranya kepada partai??” tanya Ibas yang dijawab serempak “Partai Demokrat!” oleh seluruh audiens. “Caleg’e siapa??” tanya Ibas kembali, yang kemudian dijawab “Mas Edhie Baskoro Yudhoyono!” Sambil ngetes, Ibas bertanya, “nomer berapa? Coba diangkat tangannya semua,” dan seluruh anak muda yang hadir dengan semangat mengacungkan jari telunjuk sambil menjawab, “nomer siji!”
“Nek capres e seko? (kalau capresnya dari)” tanya Ibas, dan hadirin kompak menjawab “Pak Prabowo karo (dengan) Mas Gibran!”

“Partai Demokrat mendukung Bapak Prabowo dan Mas Gibran. Pak Prabowo (adalah) orang yang sangat berpengalaman dan sangat kuat dalam memimpin negeri ini, dan Mas Gibran adalah inspirasi millennial dan gen Z yang insyaallah dapat menampung aspirasi kawula muda yang ada di tanah air,” ujar Ibas.

“Monggo sesarengan dukung capres yang didukung oleh Partai Demokrat, yaitu Pak Gemoy. Ingat saja, gampang. Coblos Demokrat, coblos sing Gemoy,” imbuhnya yang diikuti tawa dan tepuk tangan seluruh audiens.

Sebagai ungkapan terima kasih dan rasa bangga, Silvi mewakili Koordinator Bolo Milenial Ngawi mempersembahkan sebuah puisi di hadapan Ibas dan Aliya. Puisi tersebut juga diabadikan dalam sebuah pigura besar untuk kenang-kenangan.

"Pemimpin, mampu menurunkan tangannya saat rakyat membutuhkannya. Mengatur dan memperhatikan semua tanpa pandang harta dan kasta. Dia juga teguh berdiri membela rakyat meski sudah banyak duri yang menusuk dalam hati dan diri. Semua berkat seorang pemimpin yang rela berkorban untuk rakyatnya," ungkap Silvi membacakan puisinya.

Bagikan Artikel ke

BERITA LAINNYA
NASIONAL - Tumpah Ruah Jalan Sehat Bersama SBY di Pacitan, Ibas: Jadikan Kakimu Sebagai Temanmu untuk Berjalan DAPIL - Partai Demokrat Peduli, Ibas Ingin Program Pro Rakyat Tepat Sasaran DAPIL - Serap Aspirasi Petani Bawang, Ibas Ajak Pilih yang Dengar Suara Rakyat DAPIL - Tinjau Roti Khas Magetan, Ibas Ajak Warga Pilih Pemimpin Amanah dan Peduli DAPIL - Ibas Temu Sapa dengan Zilenial: Demokrat Partainya Anak Mud