PONOROGO – Pelan tapi pasti, Peraturan Daerah yang mengatur pendidikan it uterus berjalan. Setelah sempat menghilang beberapa waktu, akhirnya para Wakil rakyat melakukan pengaturan jadwal pembahsan dalam badan Musyawarah DPRD,  Rabu  (13/3). Dalam pertemuan tersebut, Wakil Rakyat berepakan, pembahsan dimulai tanggal 18 Maret mendatang, dan diperkirakan terbit pada 5 April 2013. Harapannya, tahun ajaran baru tahun 2013, sudah dinaungi Perda, yang dinilai sangat berihak pada masyarakat, teruatam terkait biaya pendidikan.

Salah satu pengusul,  Edy Iswahyudi mengatakan, DPRD sudah membuat jadwal pembahas Rancangan Peraturan Daerah yang mengatur secara terperinci mengenail Pendidikan. Hasilnya, Raperda tersebut akan dibahsa mulai tanggal 18 Maret mendatang dan selesai pada 15 April 2013. Harapannya tahun ajaran baru tahun ini, Peraturan Daerah sudah dapat dilaksanakan. “Perda ini sangat krusial bagi pendidikan di Ponorogo, sehingga segera diterbitkan,” ujar edy Iswahyudi.

Politisi  Partai Demokrat tu juga mengatakan, lamanya proses terbitnya Peratiran Daerah mengena Pendidikan ini disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya, perlu adanya kosultasi dengan pihak mitra yaitu akedimisi. Selin itu, juga perlu dilakukan pembahsan secara mendalam agar Perda ini ketika terbit benar-benar sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. “Perlu adanya kehati-hatian. Bukan lamban, tapi semua berproses, dan nanti bulan April, Perda ini diharapkan telah terbit dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Ponorogo,” tegasnya.

Lebih lanjut ia Sekretaris DPC Partai Demokrat Ponorogo ini mengatakan, banyak hal yang diatur dalam Perda tersebut, terutama menyangkut biaya pendidikan yang dinilai masyarakat cukup tinggi. Dampaknya, sejumlah masyarakat belum dapat merasakan pendidikan yang memiliki kualitas atau mutu yang sangat baik.Sealin itu juga diatur berbagai fungsi dari Komite dan perihal lainnya.

“Kita yakin, jika Perda ini dilaksanakan dnegan baik, maka pemerataan pendidikan akan segera terwujud. Disamping itu peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan, agar lulusan nanti dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan harapan,” pungkasnya. . Tim Media Ponorogo