PONOROGO – Usai ditetapkan KPUD Ponorogo, Pasangan Bupati dan wakil Bupati Periode 2016-2021  H. Ipong Muchklisoni dan H. Sujarno, ada tahapan lagi yang harus dipenuhi bagi pasangan Bupati terpilih. Setelah mendapatkan berkas dari KPUD Ponorogo, maka Banmus DPRD Ponorogo akan membuat jadwal rapat paripurna istimewa DPRD. Paripurna dewan ini akan membahas keputusan penetapan KPUD terkait Pilkada Tanggal 9 Desember kemarin.

    Plt.  Sekwan DPRD Ponorogo Joni Widarto kepada wartawan mengungkapkan, setelah menerima  penyampaian hasil pemenang pilkada oleh KPUD, agenda berikutnya akan dibaca dalam rapat paripurna istimewa. “Selanjutnya berkas dikirim ke Mendagri melalui Gubernur Jawa Timur.  Setelah itu Bupati terpilih akan dilantik oleh Gubernur,” kata Joni kemarin.

    Ditambahkan, Senin depan Banmus akan menjadwalkan rapat paripurna istimewa membahas pemenang pilkada dari KPUD. “Secepatkan akan dilakukan rapat paripurna istimewa untuk mengumumkan penetapan hasil KPU. Jadi rapat paripurna istimewa itu nantinya sifatnya hanya mengumumkan. Dan itu tidak perlu korum, dihadiri Dewan dan SKPD,” jelasnya.

    Menurutnya, rapat paripurna istimewa itu nanti sifatya tidak mengambil keputusan. “Jadi misalnya yang datang tidak korum itu tidak jadi masalah. Dan nanti  Ketua DPRD yang membacakan hasil pemenang pilkada berdasarkan surat dari KPUD,” lanjutnya.

    Jadi dasar dari pelaksanaan sidang paripurna istimewa itu adalah berkas dari KPUD dan surat dari DPRD. Dan Berita Acara, Risalah hasil sidang paripurna istimewa dan Pengantar dari Ketua DPRD. Semua ini menjadi kelengkapan untuk diajukan ke Mendagri melalui Gubernur Jatim.  “Rencananya pimpinan DPRD  yang akan mengantarkan langsung ke Gubernur Jatim, bersama Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Ponorogo Ali Mufthi mengatakan, rapat paripurna istimewa tinggal menunngu banmus untuk menjadwalkan kapan akan dilakukan rapat istimewa. Rapat paripurna istimewa itu menjadi syarat sebelum Bupati terpilih dilakukan pelantikan.

    “Sudah dibuatkan oleh KPUD terkait surat penetapan terpilih Bupati Ponorogo, dan sudah kita baca. Dan ketentuan SE Mendagri juga sudah ada. Dalam waktu dekat akan dilakukan sesuai dengan aturan, dimana akan diadakan banmus dan melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi Bupati terpilih,” kata Ali Mufti. (MUH NURCHOLIS)