TRENGGALEK-Sejumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan objek wisata Pantai Prigi, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengeluhkan penarikan retribusi di jalur lintas selatan (JLS) yang menghubungkan kawasan wisata Pantai Prigi dengan Pantai Cengkrong. Kebijakan restribusi di jalur JLS memasuki kawasan Pantai Cengkrong dan objek hutan bakau tersebut sempat dihentikan oleh pihak Perhutani setempat selaku pengelola/penanggung jawab kedua kawasan tersebut. Alasannya, penarikan retribusi tidak dinaungi peraturan daerah (perda) dan pengelolaan bersifat lokal oleh lembaga masyarakat desa hutan (LMDH), Kelompok Masyarakat pengawas (pokmaswas) Pantai Cengkrong, pemerintah desa, serta perwakilan perhutanidi tingkat keasperan setempat.
Wacana pelibatan investor lokal sebagai pihak ketiga dalam pengembangan kawasan wisata pantai itu menjadi faktor lain yang mendorong penertiban kawasan dari segala bentuk pungutan berbau “pungli”.
Namun seiring tidak berlanjutnya wacana kerjasama pengelolaan kawasan wisata pesisir Cengkrong tersebut, kebijakan restribusi kembali diberlakukan, terutama setiap musim libur Sabtu-Minggu ataupun hari-hari besar dan musim libur sekolah maupun Natal serta Tahun baru seperti sekarang.(babe)