Trenggalek – Wakil Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Mochammad Nur Arifin memenuhi janjinya untuk menyumbangkan seluruh gaji yang didapatkan kepada Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Trenggalek. 
 
Nominal gaji yang disumbangkan sebesar Rp 5.271.000. Jumlah tersebut terdiri dari gaji pokok, tunjangan anak dan istri serta sejumlah tunjangan lain. Menurut wabup termuda se-Indonesia ini, langkah tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk komitmennya saat menjadi pejabat daerah.
 
“Niat yang sudah saya utarakan saat ini saya lakukan,” katanya.
 
Nur Arifin menambahkan, BAZ dinilai merupakan sarana paling tepat untuk menyalurkan dana tersebut, karena nantinya akan seluruh sumbangan maupun zakat yang terkumpul akan diperuntukkan bagi masyarakat miskin. 
 
Pihaknya berharap langkah kecil yang ia lakukan bisa menjadi penggugah bagi para pejabat maupun elemen masyarakat yang lain agar menyisihkan sebagian harta bendanya berupa zakat, infaq dan sedekah untuk disalurkan ke BAZ.
 
“Kami yakin apabila masyarakat sadar dan gemar untuk beramal melalui BAZ, maka akan bermanfaat untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,” ujarnya.
 
Mengingat infaq dan sedekah yang disalurkan melalalui badan amil zakat bisa dimanfaatkan untuk program pemberdayaan masyarakat, seperti pengentasan kemiskinan, pemberian modal kerja maupun pembangunan infrastruktur serta sarana pendidikan. (dim)