Pacitan-Setiba di Pacitan,  piala Wahana Tata Nugraha (WTN) yang diterima Bupati Indartato dari Kementerian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia diarak berkeliling. Supremasi bidang pembinaan tertib lalu lintas serta angkutan jalan untuk kategori kota kecil itu dibawa dengan kendaraan bak terbuka. Mulai dari perbatasan Pacitan barat di kecamatan Donorojo dan finis di Pendopo kabupaten.

Selain piala asli yang dibawa langsung Kepala Dinas Perhubungan Komonikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Widi Sumardji nampak juga replika piala WTN yang ukuranya lebih besar. Iring-iringan kendaraan diikuti oleh berbagai elemen  masyarakat dengan mengendarai roda empat dan roda dua. Pun demikian sepanjang perjalanan rombongan pembawa piala WTN mendapat perhatian dari masyarakat serta pengguna jalan lain.

Setiba di Pendopo Kabupaten piala WTN disambut dengan upacara singkat dan diserahkan kepada Bupati untuk selanjutnya disimpan.Menurut Bupati Indartato anugerah ini diperoleh berkat kerja keras semua pihak. Baik aparat pemerintah, para pelaku usaha angkutan. Tidak lupa juga atas dukungan dan partisipasi masyarakat yang telah menjalankan tertib berlalu lintas.

Sementara itu Kepala Dishubkominfo Widi Sumardji mengatakan, selain prestasi anugerah ini merupakan tantangan untuk menciptakan berlalu lintas yang lebih baik. Apalagi, Pacitan kedepan yang semakin ramai seiring terbukanya akses selatan. Saat ini saja terang Widi, kendaraan yang beredar di Pacitan sudah mencapai 104 ribu unit. Sedangkan pertambahan kendaraan per tahun rata-rata mencapai 10 ribu unit.

Dengan kondisi tersebut maka tantangan mendesak adalah penyesuaian kondisi jalan dan rambu lalu lintas. Diakui Widi, kedua infrastruktur tersebut masih kurang mendukung. Untuk itu pihaknya akan selalu intensif berkoordinasi dengan provinsi maupun pusat serta lintas sektoral. Frend Mashudi