PONOROGO  – Musibah bencana alam tanggul jebol terjadi kemarin, pukul 06.00 WIB pagi. Tanggul sungai Depok yang berada di Desa Nglewan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jatim mengalami jebol sepanjang 18 Meter dengan tinggi 3 meter dan lebar 4 meter.
Informasi dari Kades Nglewan, Suwandi mengatakan kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Pemkab Ponorogo. “Secara lengkap sudah kami laporkan ke Pemkab Ponorogo kejadian tanggul jebol di Desa Nglewan,” tutur Suwandi, Jumat (25/11).
Sedangkan jajaran Kepolisian Sektor Sambit langsung meninjau lokasi yang dipimpin Kapolsek Sambit, AKP Darmana, kemarin siang. “Akibat kejadian tersebut air mengalir ke sawah pertanian padi yang baru di tanam kurang lebih tujuh hektar,” papar AKP Darmana.
Berdasarkan rekap PPL Desa Nglewan, petani mengalami kerugian kurang lebih Rp 40 juta. “Sebelum tanggul jebol, wilayah Kecamatan Sambit pada hari Kamis tanggal 24 Nopember 2016 sekira jam 20.00 WIB hujan terus menerus, selanjutnya diketahui hari Jumat sekitar jam 06.30 WIB tanggul jebol air mengalir ke persawahan,” tambahnya.
Pada kesempatan dia memberi penyuluhan kepada warga agar selaku waspada terhadap ancaman bencana banjir. “Kami juga lakukan koordinasi dengan Camat, Danramil Sambit, Kades Nglewan dan pihak terkait lainnya,” tukas mantan Kapolsek Ngrayun ini. (mnc)