PONOROGO – Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Ponorogo yang akan dimulai, Rabu (24/4) besok diprediksi akan menarik. Pasalnya, beberapa incumbent macung lagi. Selain itu keikutsertaan kaum perempuan dalam dunia Politik pemerintahan cukup memberikan warna di Ponorogo.

Bahkan tercatat ada 5 orang srikandi ikut bersaing dalam Pilkades tersebut. Kelima Bakal Calon Kepala Desa perempuan yang ikut bersaing dalam pilkades Rabu (24/4) antara lain Pilkades di Desa Jetis (Kecamatan Jetis), Bandaralim (Kecamatan Badegan), Desa Munggung (Kecamatan Pulung), Desa Nailan (Kecamatan Slahung) serta Desa Tempuran (Kecamatan Sawoo).

Keikutsertaan perempuan dalam pilkades, sepertinya bersamaan dengan Momen peringatan hari kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April kemarin.  Menurut Sugeng Budi Susilo selaku Kabid Pemdes Kantor Pemberdayaan Masyarakat Ponorogo menjelaskan dengan keikutsertaan lima  calon perempuan dalam pilkades di 22 desa itu, berarti hampir 25 persen dalam pilkades serentak nanti diramaikan calon perempuan.

“Saat ini persiapan masing-masing desa telah rampung dalam menyong song pilkades serentak tahap satu 24 April besok,” ujar Sugeng. Pihaknya  berharap, dengan semakin dekatnya pemilihan Kepala Desa, warga masyarakat ikut aktif menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggalnya. “Dengan harapan pelaksanaan pilkades bisa berlangsung lancar, aman dan tertib. Bisa menghasilkan Kepala Desa sesuai dengan keinginan warga masyarakat desa,” tambahnya.

Tahun 2013 pilkades serentak akan dilaksanakan dalam 4 tahap. Tahap terakhir akan dilaksanakan pada 3 Juni 2013 dengan tempat terbanyak yaitu Pilkaes di 66 desa dari total 119 pilkades yang akan digelar di tahun ini. Sementara kecamatan Bungkal, terbanyak menggelar Pilkades, dari 19 desa yang ada, 17 desa diantaranya melangsungkan perhelatan Pilkades. (MUH NURCHOLIS)