PACITAN– Sebanyak 90 (sembilan puluh) tenaga pendamping profesional telah menerima surat perintah tugas (SPT) dari Bapemas Kabupaten Pacitan, Senin (01/02/2016). Ke 90 Tenaga Pendamping tersebut selanjutnya diterjunkan mendampingi implementasi undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa di seluruh Kabupaten Pacitan.
Berdasar surat perintah tugas nomor 094/610/206/2016 yang diterbitkan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Provinsi Jawa Timur, 90 tenaga pendamping profesional tersebut terdiri atas 6 Tenaga Ahli dan 1 operator komputer yang bertugas di Kabupaten, 31 pendamping desa yang bertugas di kecamatan dan 46 pendamping lokal desa yang bertugas di desa.
Dalam penyerahan surat perintah tugas tersebut, Kasi Pemdes Bapemas Pacitan, Nanang Hardiwijono memberikan pembekalan terhadap pendamping desa yang akan segera bertugas. “Tenaga Ahli, Pendamping desa, maupun Pendamping Lokal Desa merupakan satu kesatuan dan bagian dari pemerintah, maka harus bekerja tim dengan solid, lepaskan segala atribut yang menjadi background kalian dan kita bersama-sama mewujudkan desa sesuai amanah undang-undang” tutur Nanang.
“Proses sudah berjalan dan kalian harus segera menyesuaikan diri agar tidak semakin ketinggalan” tambahnya
Minggu ini, 90 tenaga pendamping desa tersebut akan terjun dan menjalankan tugasnya di 12 kecamatan sekabupaten Pacitan. “Kami akan segera menyesuaikan diri dengan kondisi yang adan dan bekerja sesuai prosedur yang telah ditentukan” Ucap Marji, salah satu pendamping desa. (frend)