Tasikmalaya – Rangkaian agenda DPP Partai Demokrat, #SBYTourDeJava terus berlanjut. Agenda pada hari ketiga ini, Ketua Umum PD, Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke pabrik konveksi yang memproduksi garmen di Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

Dalam kunjungan ke pabrik konveksi Al Noor Garment Factory di Tasikmalaya, rombongan meninjau proses produksi garmen yang dikerjakan para karyawan. Menurut informasi, kualitas produksi garmen ditempat ini sangat diminati sampai ke manca negara. Garmen hasil produksi Al Noor Garment Factory dipasarkan hingga ke Arab Saudi, Australia, Al Jazeera, Dubai, Afrika Selatan, bahkan hingga Inggris “Ini bagus sekali, kualitasnya ekspor bu. Ada warna-warna Eropa juga ini,” ujar SBY saat melihat baju gamis atau koko di lokasi tersebut.

 

Kepada pimpinan pabrik garmen tersebut, SBY bertanya akan hambatan yang ada selama ini. Ia juga ingin tahu ke mana saja produksi dipasarkan selain untuk lokal. “Masalahnya bahan, sebagian enggak ada di sini sehingga kita harus impor. Lalu bea cukai, saat impor bahan baku. Ada yang suka disalahgunakan,” terang Direktur Al Noor, Undang Zarkasih dikutip detik.com.

 

Pada kesempatan ini, SBY pun menyampaikan akan mencoba menyampaikan aspirasi Undang. Ia mendelegasikan Waketum PD Syarief Hasan yang merupakan mantan Menteri Koperasi dan UKM di era SBY menjadi presiden. “Beliau dari menteri, prestasinya bagus, sekarang kembali lagi jadi anggota dewan. Nanti kita sampaikan ke Presiden Jokowi,” kata SBY.

 

Anggota Komisi 10 DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono yang turut serta mendampingi SBY meninjau proses produksi mengaku kagum dengan ketrampilan para pekerja di pabrik Al Noor Garment. “Butuh tangan-tangan yang handal dan trampil untuk bisa memperoleh hasil garmen dengan kualitas produksi yang diakui di mancanegara,” ujar Ketua Fraksi PD DPR ini sambil melihat pakaian Gamis yang di-display di lokasi.