Jakarta,

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menduduki peringkat ke-9 Tokoh Islam Berpengaruh di Dunia. Setelah Raja Arab King Abdullah bin Abdul-Aziz Al-Saud yang berada di peringkat pertama. Pengaruh Indonesia di mata dunia bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono memang tidak diragukan lagi. The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) yang selama ini membuat daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di tingkat global menempatkannya sebagai tokoh Islam berpengaruh di dunia.

 

RISSC memandang SBY tidak dengan sebelah mata, di masa awal penerbitan daftar nama, SBY masuk Top 500. Dari tahun-ke-tahun peringkatnya semakin memuncak. Pada 2010 silam, SBY langsung menempati posisi ke-10, kemudian di tahun berikutnya ranking 11, dan tahun ini, 2012, peringkatnya makin mantap di urutan ke-9.

 

Partai Demokrat bersama SBY yang berprinsip pada nilai-nilai Pancasila dan kepemimpinannya yang demokratis dinilai kian berkembang pesat seiring tumbuhnya aturan otonomi daerah serta penyelesaian konflik Aceh dan Papua yang berhasil dibereskan. Deskripsi tersebut membuat SBY membuktikan keberhasilannya dalam kancah dunia politik.

 

Hal senada diungkapkan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono yang juga putra bungsu presiden RI. Ibas, sapaan akrabnya, mengatakan “Berbagai penghargaan yang diraih Pak SBY tidak mudah, itu sebuah perjuangan untuk kebaikan bangsa dan Negara. Berbagai konflik berhasil diatasi (Aceh dan Papua) dan kemajuan di bidang ekonomi yang semakin pesat membuat warga negara akan semakin bermartabat di mata dunia”.

 

Berbagai penghargaan yang dimaksud Ibas, SBY selain sebagai Tokoh Islam ke-9 yang Berpengaruh di Dunia. Sebelumnya SBY telah menerima penghargaan dari Ratu Inggris. Popularitas SBY terdongkrak dengan janji-janji kampanye membentuk gerakan antiterorisme medio 2004 lalu. Bahkan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd pun sampai menganugerahi Honorary Companion of the Order of Australia (AC) atas penanganan kasus Bom Bali 2002. Di sisi lain RISSC tak segan mencantumkan kelebihan SBY sebagai pop singer dengan merilis sebuah album lagu pada Januari 2010.

 

“Keberhasilan Indonesia adalah dari dan untuk warga Indonesia. Dunia mengakui keberhasilan Presiden RI, dunia melihat Presiden merupakan cerminan warga negaranya, untuk itu mari kita jaga nama baik Indonesia di mata dunia.” Terang Ibas dengan ajakannya untuk mengharumkan nama bangsa dan selalu berbuat positif demi kesejahteraan rakyat Indonesia.