PACITAN – Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Priyo Dharmawan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Pacitan menggantikan bupati sebelumnya, Indartato, di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Senin malam.
“Jabatan Bupati Pacitan memasuki masa akhir Jabatan 21 Februari 2016 sehingga harus segera ada pengganti untuk mengendalikan pemerintahan setempat sampai diangkat bupati definitif,” ujarnya kepada wartawan usai pelantikan.
Pelantikan dilakukan pada malam hari karena pagi harinya orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut harus menghadiri rapat dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.
Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi, pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jatim, serta Forkopimda Pacitan.
Pakde Karwo, sapaan akrabnya, meminta Pj Bupati Pacitan untuk langsung bertugas dan melakukan koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten Pacitan yang terdiri dari Kapolres, Dandim, Kejari hingga jajaran tingkat legislatif. “Tidak perlu menunggu lama, hari pertama harus langsung sudah bekerja. Kalau bisa malam ini langsung ke Pacitan, karena kalau siang macet,” ucapnya.
Sama seperti para Pj bupati/wali kota sebelum-sebelumnya, kata dia, Gubernur Jatim berharap terjalin komunikasi intensif dengan Forkopimda, tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk mendapat masukan terkait pembangunan Pacitan.
Priyo Darmawan sendiri adalah pejabat setingkat eselon IIA yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian Pengembangan (Balitbang) Jatim. Priyo yang merupakan alumnus Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menjabat Balitbang Provinsi sejak tahun 2011 hingga saat ini, sebelum pada Senin nanti akan menjadi Pjs Bupati Pacitan.
Pria kelahiran 15 Februari 1957 ini sebelum menjadi Kepala Balitbang pernah menjabat sebagai Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) 1 Madiun. (**/Ant)