Magetan- Salah satu Program Pemerintah untuk Masyarakat miskin, Beras Miskin(Raskin) kuartal bulan Mei mulai disalurkan. Hari ini pemerintah sudah melakukan suplai di beberapa kecamatan, salah satunya di Kecamatan Parang, Magetan.
Di Desa Tamanarum, sejak pukul 08.00 Wib tadi pagi, 345 keluarga miskin sudah antri di depan balai Desa untuk mendapatkan jatah Raskin. Dari data Parangkat Desa, untuk 345 warga miskin di Tamanarum mendapatkan jatah sebanyak 5.175.00 Kg beras miskin. (20/5)
Joko, selaku panitia Desa dalam pembagian Raskin mengatakan, dari ke 345 Rumah tangga Miskin masing – masing akan mendapatkan jatah satu karung, satu karung berisi 15 Kg beras, adapun yang memiliki lebih satu kk dalam keluarganya akan mendapatkan 2 karung.
“ untuk Desa Tamanarum sendiri raskin mendapatkan total sekitar 5.175.00 Kg dan akan diberikan untuk 345 keluarga msikin, masing- masing mendapatkan 1 karung yang berisi 15 Kg beras, sedangkan yang dalam KK nya ada 2 sampai 3 kk akan kita kasih 2 karung, maklum mereka masih bersatu dalam satu kk dikarenakan karena masih miskin ini.” jelas Joko.
Terkait kwalitas beras yang diterimakan, yang belum lama ini santer diberitakan kualitas raskin sangat jelek, Joko membantahnya. tidak benar jika semua beras Raskin sangat buruk kualitasnya, wajar jika ada diantara 345 zak beras ada yang sebagian beras bercampur dengan yang jelek, hal tersebut dimungkinkan pada waktu dalam proses penumpukan beras di gudang.
“ untuk kwalitas beras bisa sampaen lihat sendiri mas, ini saat saya turunkan bersuara “srek”, berarti berasnya baik, kalaupun ada yang sangat jelek kita suruh mengembalikannya, nanti akan di sampaikan kepada perwakilan bulog pada saat pengiriman lagi pada bulan depan, agar diganti” jelasnya kepada www.edhiebaskoro.com.
Hal senada diungkapan Lek Tibo, warga Mbogang yang selesai mendapatkan jatah Beras Raskin saat menunggu tetangganya yang masih antri di depan balai Desa, saat ditanya beras dalam karung tersebut, dia mengatakan berasnya baik dan bagus, dan sangat senang mendapatkan jatah Raskin tiap bulan.
“ berasnya bagus mas, saya sangat senang dapat jatah Raskin dari pemerintah, sangat membantu kami raskin ini, mudah- mudahan bisa terus ada program raskin ini, kalau bisa bertambah banyak” jlentrehnya.Maksum