PONOROGO – Anggota Komisi X DPR RI,  Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) atau Ibas terus mengawal berbagai program pendidikan. Hal ini bahkan mendapatkan respon positif dari kalangan generasi milenial di Bumi Reyog Ponorogo, Jawa Timur.
Hingga Jum’at (12/10/2018) pagi hingga sore, puluhan mahasiswa dan mahasiswi dari sejumlah perguruan tinggi di Ponorogo menyambangi atau mengunjungi Griya Aspirasi EBY Ponorogo untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Pemerintah RI dengan pengawalan Komisi X DPR RI, dalam hal ini Ibas.
Salah satu pendaftar, Husna Ahilla Pratiwi mahasiswa Universitas Muhammadiyah atau Unmuh Ponorogo sangat berharap mendapat beasiswa PPA tersebut. “Semoga nama kami berhasil terpilih menjadi penerima beasiswa PPA tersebut,” aku Husna yang diamini oleh  Apriliana Dwi Ariska, mahasiswi Unmuh lain. 
Hal yang sama diakui oleh Yhoga Hardy Wiratama yang berharap bisa meringankan beban kedua orangtuanya.  “Insya Allah beasiswa PPA ini kalau realisasi bisa meringankan beban biaya bagi kedua orang tua kami,” tandas Yhoga diamini oleh Devy Indra Puspitasari dan Dona Bawani Arlita Mukti, mahasiswa lainnya.
Secara terpisah, Koordinator Kabupaten atau Korkab EBY Ponorogo, Masrul Harianto mengaku pihaknya memberikan kesempatan kepada sejumlah mahasiswa di Ponorogo untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa PPA tersebut.
“Beberapa waktu lalu sejumlah mahasiswa sudah mendapat rekomendasi dari EBY Team untuk mendapatkan beasiswa PPA. Dan hari ini ada penambahan kuota calon penerima PPA sehingga banyak mahasiswa yang datang mendaftarkan diri,” ungkap Masrul Harianto.
Selain itu dia menambahkan bahwa sebelumnya, Ibas yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini juga mengawal beasiswa Bidik Misi bagi sejumlah mahasiswa di Ponorogo dan Kabupaten lain di Dapil Jatim VII,  seperti Pacitan, Trenggalek, Magetan dan Ngawi.
“Saat ini kami juga mengawal beasiswa dalam Program Indonesia Pintar atau PIP bagi pelajar SD,  SMP,  SMA dan SMK baik swasta maupun negeri.  Tinggal menunggu SK untuk penetapan calon penerima beasiswa PIP tersebut,” tukasnya. (MNC)