PONOROGO – Kabupaten Ponorogo, Jatim siap menjadi salah satu penyangga sekaligus lumbung pangan Nasional. Terbukti, Jum’at (8/4), rombongan Dirjen tanaman pangan RI Dr.Ir. H. Hasil Sembiring M.M.C, Pangdam V/Brw Mayjend TNI Sumardiyang diwakili Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Hardani Lukitanta Adi melaksanakan Kunjungan Kerja kegiatan Panen Padi dan Tanam Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) yang dilaksanakan di Desa Bangunrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
 
     Hadir pada acara tersebut Kementan RI yang diwakili oleh Dirjen Tanaman Pangan Dr. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc, Pangdam V/Brw yg diwakili olah Danrem 081/Dsj Kolonel Inf Hardani Lukitanta Adi, Staf Ahli Kasad Brigjen TNI Agus Prasetya, Spaban Sterad Kolonel Czi Gemuruh, Aster Kasdam V/Brawijaya yang diwakil Pabandya Wanwil Sterdam V/Brw Letkol Inf Nanang,Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Ibnu Multazam, Kadis Pertanian Propinsi Jatim Dr. Ir. Wibowo Eko Putro, MMT, Kepala BPTP Jatim Dr. Ir. Tri Sudaryono, MS, Kepala Balai Penelitian Tanaman Kacang dan Umbi Malang Dr. Ir. Didik Harnowo, MS.
 
     Tampak hadir juga Bupati Ponorogo yang diwakili oleh Wakil Bupati Ponorogo Drs. H. Sudjarno, MM, Ketua DPRD Kab. Ponorogo H. Ali Mufthi, S.Ag, Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE, Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Rahman Fikri, Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Herwin Rizayan Iszal, Sipd, Dandim 0806/Trenggalek Letkol Arm Bayu Argo A, Kapolres Ponorogo AKBP Ricky Purnama, SIK.MH, Kepala Kejaksaan Negeri Ponorogo yg diwakili oleh Kasidatun Dedy Agung Novianto, SH, Kadis Pertanian Kab. Ponorogo Ir. H. Harmanto, MMA, SKPD Se Kabupaten Ponorogo, Ka UPTD Pertanian Se Kabupaten Ponorogo, Muspika Se Kabupaten Ponorogo, Ketua Gapoktan/Pok Tani Se Kabupaten Ponorogo, Masyarakat (Petani) Desa Bangunrejo Kecamatan Sukorejo dan sekitarnya serta Toga Tomas dan Toda Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
 
     Bupati Ponorogo diwakili oleh Wakil Bupati Ponorogo menyampaikan permohonan maaf bahwa Bupati Ponorogo tidak bisa hadir dalam pertemuan pada hari ini karena beliau menghadiri undangan Presiden RI dan mengucapan terima kasih kepada semua tamu undangan yang hadir di Wilayah Kabupaten Ponorogo karena Pertanian di Ponorogo yang sebelumnya diragukan keberhasilannya.
 
     Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan Secara Demografi jumlah penduduk Kabupaten Ponorogo yg menggantungkan hidup pd sektor pertanian mencapai 73,11% dari total penduduk dgn jumlah rumah tangga petani sebesar 178.958 dari total rumah tangga di Kab. Ponorogo 244.790 rumah tangga, dgn tenaga kerja di sektor pertanian mencapai 261.383 orang. “Ponorogo juga memiliki potensi SDA yang berupa lahan pertanian seluas 63,49% dari luas total lahan pertanian dengan rincian Luas sawah mencapai 34.638 Ha dan lahan pertanian non sawah seluas 52.457 Ha,” terang Wabup Ponorogo.
 
     Wabup juga menjelaskan produksi Padi di Kabupaten Ponorogo pada tahun 2015 mencapai 470.010 ton gabah kering giling atau setara 294.884 ton beras dari luas lahan sawah 34.638 Ha dengan indeks pertanaman 1,8 %, maka Kabupaten Ponorogo mengalami Surplus Beras sebanyak lebih dari 213.000 ton/tahun.
 
     “Dengan hasil ini semua kita wajib bersyukur dan berbangga, serta  kita berupaya pula  agar adanya kesinambungan dengan kesejahteraan para petani itu sendiri,” papar Sudjarno. (MUH NURCHOLIS)