PACITAN – Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, kembali meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha bidang lalu lintas untuk kategori Kota Kecil yang diserahkan oleh Presiden Jokowi di Jakarta, Rabu (23/12/2015) kemarin.
Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM di Pacitan, Kamis, mengatakan penghargaan yang diterima ini berkat kerja keras dan konsistensi pemerintah daerah dalam menata daerah secara menyeluruh, khususnya lalu lintas jalan.
Indartato juga menyampaikan penghargaan kepada masyarakat dan semua unsur terkait atas kembalinya Piala Wahana Tata Nugraha ke Kabupaten Pacitan. “Prestasi yang dicapai menjadi penyemangat bagi seluruh elemen yang ada guna terus memperbaiki kondisi kelalu-lintasan,” ujarnya, dilansir dari laman SKPD Pacitan.
Secara khusus, bupati juga menyoroti kegiatan Car Free Day di lingkar alun-alun. Menurutnya, diperlukan terobosan khusus untuk tetap menjaga semangat masyarakat pecinta olah raga, sehingga alun-alun benar-benar menjadi sentra kegiatan warga tiap Minggu pagi.
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pacitan, Widy Sumardji menambahkan ketertiban pengguna jalan menjadi salah satu elemen yang bisa mengantarkan kembali Banyuwangi meraih WTN.
“Alasan diberikannya penghargaan ini karena penataan lalu-lintas di Pacitan dinilai cukup baik, hal ini tidak lepas koordinasi terpadu antar pemangku kepentingan maupun peranserta masyarakat,” ujarnya.
Selain itu, imbuh dia, yang tak kalah penting dari dari penilaian WTN ini, wujud komitmen menciptakan tata kelola lalu-lintas yang baik adalah terbentuknya Forum Lalu-lintas. Melalui wadah tersebut semua anggota dapat saling mengkritisi dan menawarkan jalan keluar. Kegiatan lain yang mendapat perhatian khusus adalah Hari Bebas Kendaraan Bermotor tiap Minggu pagi.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, Untuk keempat kalinya secara berturut – turut, Kabupaten Pacitan kembali mendapatkan penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) di bidang lalu lintas kategori kota/kabupaten kecil.
Penghargaan WTN adalah penghargaan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sebagai perwujudan pembinaan pemerintah dalam menata transportasi perkotaan yang tujuannya sebagai sarana mendorong dan memotivasi terwujudnya budaya tertib lalu lintas dan angkutan jalan. Sejak tahun 2012, Pacitan pun tak pernah absen mendapatkan penghargaan ini.
Penyerahan WTN tahun 2015 ini diberikan untuk Kabupaten Pacitan karena dinilai berhasil dalam menata manajemen lalu lintas dan atau angkutan di wilayahnya. Selain Pacitan, ada 26 daerah lain di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan serupa, atau meningkat daripada tahun sebelumnya yang mencapai 24 daerah.(frend)