Ngawi-Sedikitnya 50 personil kekuatan polisi dari polres Ngawi  di kerahkan untuk pengamanan jalannya pemilihan umum kepala daerah di Kabupaten Magetan. Pengerahan pasukan ini dilakukan secara bertahap, mulai dari hari pelaksanaan hingga hari pengumuman hasil pemilu kada.

Kapolres Ngawi AKBP Edy Juneedy SIk kepada media menjelaskan, Personil dari polres Ngawi ini di sebar di semua wilayah di kabupaten Magetan.  Menurutnya, pengamanan pilkada harus dilihat dari situasionalnya.  Pasalnya tidak setiap tahapan kegiatan pemilukada  besok memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi.  “Kita mengirimkan 50 personil terlebih dahulu bila nanti di butuhkan lebih banyak akan kita kirimkan kembali” tukasnya. (24/4/2013)

Lebih jauh diungkapkan Kapolres, sebagai sesama petugas pengayom dan pelindung masyarakat pihaknya hanya bertugas bila terjadi tindakan yang melanggar hukum dan mengingatkan kepada semua jajaran kepolisian agar tetap netral dalam pesta demokrasi,  serta tidak berhubungan dengan hajat politik di wilayah tersebut.

“Kepolisian hanya untuk melayani masyarakat dan memberikan ketenangan dalam pelaksanaan demokrasi dan cukup jelas kepada anggota untuk dapat meredam emosi bila terjadi kerusuhan “ katanya. Ardian