PONOROGO – Sekretaris KPU Kabupaten Ponorogo yang telah diangkat dan dilantik Bupati Amin dalam mutasi minggu lalu nampaknya harus bersabar. Pasalnya, setelah ditolak KPU Kabupaten Ponorogo karena pelantikan tersebut dinilai menabrak aturan, saat ini tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah diajukan kepada Sekretaris Jendral KPU RI di Jakarta.

Tiga nama yang diajukan KPU Kabupaten Ponorogo tersebut sebelumnya telah dikomunikasikan dengan Pemerintah Daerah. Kini, tinggal menunggu keputusan Sekjen KPU RI siapa penjabat yang bakal menduduki Sekretaris KPU Kabupaten Ponorogo sesuai prosedur yang berlaku.

Yang menarik, meski mengetahui langkah kpu ponorogo mengusulkan tiga nama tersebut, Pemkab Ponorogo nampaknya masih bersikukuh bahwa pelantikan Muhammad Kuhjaini sebagai Sekretaris KPU Ponorogo tidak menyalahi aturan. “Pelantikan kemarin untuk tingkat eselon atau jabatan. Sementara sekretaris KPU juga harus dilantik oleh Sekjen KPU Pusat,” kata Sekda Agus.

Ditemui Kamis (14/3), orang nomor tiga dilingkungan Pemkab itu juga mengatakan, prosedur telah dilakukan KPU Kabupaten Ponorogo dengan menggelar rapat pleno. Hasilnya, tiga nama dari PNS yang berada di Internal KPU Kabupaten Ponorogo diajukan ke Sekretaris Jenderal KPU RI. “KPU Kabupaten Ponorogo telah mengusulkan tiga nama dilingkungan internal,” lanjutnya.

Ia membenarkan, tiga nama yang diajukan tersebut juga sudah dikonsultasikan kepada Pemerintah Daerah. Terkait kepangkatan, tiga nama yang diajukan telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Artinya, belum tentu kepangkatan yang lebih tinggi mampu mengusai atau memiliki kompetensi dalam menjalankan tugas. Yang terpenting, adalah tiga nama tersebut sudah sesuai dengan aturan.

“Yang diajukan KPU Ponorogo salah satunya yang telah dilantik oleh bupati dan ditambah dua PNS. Kita tinggal menunggu keputusan Sekjen KPU,” katanya.  Sementara Fatchul Azis ditempat terpisah mengatakan, pejabat yang dimutasi tersebut merupakan hak dan kewenangan dari Pemerintah Daerah, sebab telah tertantum dalam aturan.

Namun dekimian, untuk menduduki posisi Sekretaris KPU Kabupaten Ponorogo, haruslah mematuhi aturan yang ada dnegan mengajukan tiga nama pejabat oleh KPU Kabupaten Ponorogo setelah melakukan komunikasi dengan Pemkab. “Sudah kita ajukan, kita berharap segera ditetapkan sekrteris KPU Kabupaten Ponorogo agar segera melaksanakan tugas,” pungkasnya. (Much. Nurcholis)