TRENGGALEK-Dalam rangka mencapai visi dan misi dari program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaaan (PNPM-MPd), strategi yang di kembangkan yaitu : menjadikan masyarakat miskin sebagai kelompok sasaran, menguatkan system pembangunan partisipatif, serta mengembangkan kelembagaan kerjasama antar Desa.

Melalui PNPM mandiri ini diharapkan masyarakat dapat menuntaskan tahapan pemberdayaan yaitu tercapainyakemandirian dan keberlanjutan setelah tahapan pembelajaran dilakukan melalui PNPM ini.

Guna mendorong dan memberikan semangat serta apresiasi, Pemkab Trenggalek memberikan penganugrahan PNPM Award 2012 bagi para pelaku program PNPM yang di nilai cukup berhasil menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Para palaku program yang di beri penghargaan antara lain, Kader Pemberdayaan masyarakat desa (KPMD), Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (Kelompok SPP ), Dukungan Pemerintah Desa, Perencanaan Partisipatif Pembangunan desa (P3D), Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Badan kerjasama Antar Desa (BKAD).

Bupati Trenggalek Dr.Ir. Mulyadi WR.MMT dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya yang setinggi- tingginya atas terselenggaranya penghargaaan PNPM award ini. Dukungan juga terus diberikan kepada pengurus PNPM. Menurutnya program ini benar-benar bisa membangkitkan perekonomian masyarakat desa juga membangkitkan pertumbuhan pembangunan infrastruktur Desa.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati berpesan kepada penerima penghargaan untuk lebih giat dalam keikutsertaannya membangun desa, khususnya dalam memfasilitasi perencanaan pembangunan desa,meningkatkan tertib administrasi dan kualitas pekerjaan. “Yang lebih penting lagi menghindari tindakan-tindakan yang mengarah pada penyalahgunaan dana program. Pengelolaan dana yang transparan dan Akuntable sudah sepatutnya di terapkan di program ini,” tukasnya.

Penghargaan kali ini untuk kategori BKAD ( badan kerjasama antar desa ) di menangkan oleh BKAD kec, Karangan. Kategori UPK (unit pengelola Kegiatan ) di menangkan UPK Kec. Dongko.Kategori Dukungan Pemdes kepada PNPM MPd di menangkan oleh Pemdes Gamping Kec. Suruh.Kategori P3D (Perencanaan pertisipatif Pembangunan Desa) dimenangkan Pemdes Kedung Sigit Kec. Karangan. Kategori Kelompok SPP di menangkan oleh Kelompok Cendrawasih- Desa Karangan Kec. Karangan. Kategori TPK ( Tim pengelola Kegiatan ) di menangkan TPK Tangkil Kec. Panggul. Dan Ketegori KPMD ( Kader pemberdayaan masyarakat ) dimenangkan oleh Nur Indah Kanthi larasati KPMD Puru Kec. Suruh. (Dimas)