Pacitan – Partai Demokrat Kabupaten Pacitan Rabu (5/9) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pacitan. Langkah Partai Demokrat tersebut juga dilakukan di seluruh Indonesia, mulai dari Pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan, Indartato  mengatakan bahwa pihaknya datang ke KPUD Pacitan untuk mendaftarkan partainya peserta pemilu tahun 2014. “Kita hari ini  mendaftarkan Partai Demokrat untuk menjadi peserta pemilu 2014, yang serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” katanya.

Pendaftaran partai Demokrat ini diterima langsung oleh Ketua KPUD Kabupaten Pacitan Damhudi. Hadir dalam pendaftaran ke KPUD Pacitan, di antaranya Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan Indartato, Sekretaris Partai Demokrat Ronny Wahyono  bersama Tim Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) Pacitan. 

Sementara, Ketua KPUD Pacitan Damhudi mengatakan bukan hal mudah bagi semua partai politik untuk bisa lolos sebagai peserta pemilu anggota DPR, MPR dan DPRD pada Pileg 2014 nanti.  Sekalipun memiliki badan hukum sebagai parpol, akan tetapi sebagaimana ketentuan keputusan MK No. 52/ PUU-X/2012, bukan menjadi jaminan mereka juga akan lolos sebagai kontestan pemilu. “Mereka (parpol) diwajibkan mengikuti proses verifikasi faktual oleh KPU. Dan belum menjadi jaminan, akan lolos sebagai peserta pemilu,” ujarnya.

Salah satu syarat, kata dia, setiap parpol harus memiliki kabsahan kepengurusan yang tersebar diseluruh provinsi, 75 persen dari jumlah Kabupaten/Kota, serta 50 persen jumlah kecamatan. “Satu saja ada yang tidak lolos di level provinsi, maka parpol tersebut jelas tidak akan lolos sebagai peserta pemilu. Ini persoalan krusial yang tidak bisa disepelekan,” tandasnya.

Namun dilain pihak, ketentuan pemberlakuan ambang batas perolehan kursi parlemen atau parliamentary threshold (PT) yang semula diberlakukan secara nasional, tidak lagi diberlakukan. “Ketentuan itu hanya berlaku bagi anggota DPR RI, tidak untuk anggota DPRD,” tukasnya. Hernawan A. Priyana