Pacitan-Bupati Pacitan Indartato benar-benar ingin memastikan pelaksanaan ujian nasional bagi siswa siswi SLTP di semua wilayah di Pacitan berlangsung sempurna. Bahkan, orang nomor satu di Pacitan itu rela menyusuri jalur setapak nan sulit demi melihat langsung pelaksanaan ujian

Setelah hari pertama dibeberapa wilayah Pacitan kota, Selasa (23/4) Bupati Indartato melakukan sidak ke wilayah. Tidak tanggung-tanggung sekolah yang dituju tergolong medan sulit dan terpencil. Untuk menuju SMPN 3 di Desa Borang Kecamatan Arjosari, Bupati harus dibonceng dengan kendaraan roda dua oleh perangkat desa setempat. Ini karena jalan yang dilalui merupakan jalan rabat dengan kondisi cukup rusak.

Meski dengan susah payah akhirnya Bupati sampai di tujuan. Karena alasan tidak mau mengganggu jalanya ujian, sidak hanya berlangsung singkat. Setelah memastikan semuanya lancar Bupati Indartato lantas meneruskan agenda dengan meninjau sekolah dasar negeri borang 2 serta MI GUPPI. Dilembaga pendidikan yang bernaung dibawah kementerian agama itu rombongan kecil bupati sempat melihat dari dekat prasarana sekolah yang sudah memprihatinkan.

Khusus akses jalan rusak menuju sekolah, Bupati Indartato memberikan bantuan 200 zak semen untuk perbaikan. Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan itu juga mengapresiasi perjuangan para guru yang sudah berjuang ikhlas meski kondisi jalan rusak berat.

Menurut data Dinas Pendidikan jumlah siswa SLTP  tahun pelajaran 2012-2013 yang terdaftar mengikuti ujian nasional tahun ini sebanyak 8.199 siswa. Dari jumlah itu 28 diantaranya absen. Satu terpaksa mengikuti unas susulan karena masih dirawat setelah kecelakaan. Satu siswa meninggal dunia serta 26 lainya dinyatakan gagal mengikuti unas karena mengundurkan diri.

Secara umum, pelaksanaan ujian nasional (Unas) tingkat SLTP di Pacitan berlangsung lancar. Tidak ada permasalahan yang mengganggu jalanya ujian, meski persoalan keterlambatan soal unas di sejumlah daerah sempat membayang.Frend Mashudi