Jakarta – Warga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, menunjukkan kebersamaannya dalam ikatan silaturahmi yang kuat. Kebersamaan itu semakin erat terjalin dan terlihat nyata saat Paguyuban Warga Pacitan (PWP) menggelar acara halal bi halal di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Minggu (2/10).

 

Pagelaran halal bi halal dihadiri sejumlah toko ternama seperti anggota DPR RI asal daerah pemilihan VII Jawa Timur (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, Ngawi), Edhie Baskoro Yudhoyono; mantan Menko Kesra dan Taskin, Prof. Dr. Haryono Suyono; mantan Ketua DPA, Sulasikin Murpratomo; Dirut Utama Bulog, Sutarto Alimoeso; dan Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Sudibyo Alimoeso.

 

Dalam kesempatan ini, Edhie Baskoro berharap para pemuda asal kabupaten Pacitan, Jawa Timur, bisa menjadi pemimpin bangsa di kemudian hari. “Banyak tokoh-tokoh yang telah berhasil yang berasal dari Pacitan. Bukan hanya Pak SBY, melainkan tokoh-tokoh lainnya,” kata Ibas, sapaan akrab Edhie Baskoro.

 

Dia mengemukakan, dirinya berharap di masa mendatang Pacitan bisa menjadi satu lumbung penghasil generasi penerus bangsa yang berkualitas. “Kami yakin Pacitan bisa mengembangkan individunya untuk berkarya bagi bangsa dan negara karena selama ini sudah terbukti banyak tokoh asal Pacitan yang berhasil,” serunya.

 

Selain mengadakan halal bi halal, dalam acara ini juga dihelat pergantian kepengurusan PWP periode 2011-2016. DR. H. Sudibyo Alimoeso, MA pun terpilih sebagai Ketua Paguyuban Warga Pacitan periode 2011-2016 menggantikan Brigjen TNI (Purn) Drs. Aziz Ahmadi, M.Sc.

 

Sudibyo Alimoeso mengatakan bahwa warga Pacitan semakin bersemangat dan memiliki motivasi maju setelah salah satu putra daerahnya berhasil menjadi Kepala Negara. “Melihat Pak SBY berhasil menjadi Presiden RI, warga Pacitan jadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk menjadi lebih baik,” kata Sudibyo.

 

Ketua Harian PWP, Ir. H. Agus Isbandono, mengungkapkan suka citanya atas kehadiran Ibas yang mewakili ayahanda, Presiden SBY, yang berhalangan hadir. “Saya, mewakili segenap pengurus Paguyuban Warga Pacitan, sangat impressed atas kehadiran Mas Ibas. Apresiasi masyarakat sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari kesuksesan acara ini yang dihadiri lebih dari 3 ribu orang,” ucap Agus.

 

Pada kesempatan yang sama, Ibas juga menyerahkan bantuan kepada PWP agar dimanfaatkan untuk pemberdayaan warga Pacitan. “Terima kasih atas atensi yang Mas Ibas yang telah berikan kepada organisasi kami. Apalagi, bantuan ini diberikan secara langsung oleh Mas Ibas secara personal,” ujar Agus lagi.

 

Paguyuban Warga Pacitan adalah suatu wadah organisasi yang bersifat kekeluargaan, yang merupakan ikatan semangat, komunikasi, dan pengabdian warga Pacitan yang bertempat tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Anggota paguyuban ini adalah perorangan yang mempunyai ikatan batin dan hubungan emosional dengan Pacitan, baik karena kelahiran, asal-usul, ikatan sekolah maupun pernah tinggal dinas atau tugas perjuangan, atau ikatan lainnya.

 

Organisasi masyarakat yang didirikan pada tahun 1973 ini memiliki visi untuk mewujudkan anggota paguyuban yang makmur dan sejahtera, berbobot, berkualitas, berakhlak, dan berbudaya, sehingga mampu menggayuh atau mewujudkan cita-cita.

 

Terlebih lagi, PWP bertujuan nyata untuk mengoptimalkan sumber daya manusia untuk meningkatkan kesejahteraan, dan mengembangkan produk dan jasa unggulan milik usaha-usaha anggota paguyuban yang berkarya di perantauan.