Trenggalek – H-4 pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA, SMK, MA dan Paket C, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, mulai mendistribusikan ribuan naskah serta sejumlah logistik ujian masing-masing kecamatan dan dititipkan di polsek setempat. 
 
Kabid Pendidikan Menengah Disdikbud Trenggalek, Maryono mengatakan, sebelum didistribusikan ke masing-masing kecamatan, seluruh naskah ujian nasional terlebih dahulu dilakukan pemilahan dan penghitungan ulang, oleh petugas dinas pendidikan. 
 
Dari proses pengecekan ulang tersebut dipastikan seluruh logistik telah lengkap dan sesuai kebutuhan di masing-masing sekolah> Selanjutnya ribuan naskah yang terbagi dalam 133 boks tersebut didistribusikan oleh petugas rayon dinas pendidikan ke masing-masing kecamatan. Proses distribusi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.
 
“Alhamdulillah sampai hari ini tidak ditemukan adanya kekurangan nskah maupun kebutuhan yang lain, semua telah siap 100 persen,” katanya. 
 
Pihaknya mengakui, pelaksanaan ujian nasional tahun ini lebih siap dibanding dengan tahun lalu, distribusi naskah ujian dari tingkat provinsi ke masing-masing kabupaten juga dilakukn lebih awal.
 
Sementara itu, untuk mengantisipasi kecurangan serta kebocoran soal, seluruh naskah dan dokumen ujian nasional dititipkan di masing-masing polsek. sedangkan naskah ujian untuk sejumlah SMA dan SMK yang ada yang ada di sekitar kota dititipkan di Polres Trenggalek. 
 
Kasat Binmas Polres Trenggalek, AKP Suprapto mengatakan, pihak kepolisian memberikan dukungan dan pengamnan penuh terhadap seluruh tahapan ujian nasional, mulai dari pengambilan logistik hingga pngembalian lembar jwaban. 
 
“Di polres, naskah kami simpan diruang khusus, demikian juga di tingkat polsek, nantinya untuk proses pengiriman ke masing-masing sekolah juga kami kawal,” ujarnya.
 
Suprapto menjelaskan, pengawalan naskah ujian wajib dilakukan, karena seluruh berkas tersebut merupakan dokumen negara yang bersifat rahasia. 
 
Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat di kabupaten trenggalek dilaksanakan mulai tanggal 4 hingga 7 April mendatang. Jumlah peserta ujian tahun ini mendacai 7.301 siswa yang tersebar di empat belas kecamatan . (dim)