NGAWI- Patut untuk di acungi jempol, progam penerimaan siswa baru atau PSB di MTSN 1 Ngawi  syarat dengan transparansi. Penerimaan siswa baru disekolah ini juga jauh dari isu pemesanan kursi siswa.

Sekolah berbasis agama ini mengumumkan siswa dan siswi yang bakal menjadi calon siswa di MTSN 1 Ngawi dari jalur khusus, yang sebelumnya telah melaksanakan test tulis pada minggu sebelumnya.

Menurut Iman Setiabudi selaku humas MTSN 1 Ngawi ini dari 304 pendaftar jalur khusus sebanyak  244 diterima dan itu murni tanpa ada istilah pembanyaran di muka semua gratis dari test masuk hingga pengumuman hari ini.

Ditanya perihal isu pembelian kursi yang acapkali terjadi saat PSB, sekolahnya sangat mengharamkannya. “Sejak dulu MTSN 1 Ngawi terbuka dengan memberikan penjelasan dan apa-apa yang harus di penuhi oleh wali murid tanpa ada unsur keterpaksaan, bila terdapat wali murid yang tidak mampu pihak sekolah bakal memberikan kelonggaran dikarenakan sekolah ini manyoritas dari kalangan menengah kebawa, tidak ada unsure pembelian kursi dalam PSB dan kami bersifat transparan kepada wali murid, sekolah kami membutuhkan  kepercayaan “ ungkap Setiabudi.

Dirinya menegaskan, bila sekolahnya tidak ada unsur pembelian kursi dalam tahap kedua seleksi calon siswa dari jalur regular akan mengacu dari nilai NUN siswa dengan rata –rata  6 di mata ajar yang diujikan guna memenuhi 1 kelas untuk jalur reguler.

Pernyatan senada juga di ungkapkan oleh Ari salah satu wali calon siswa kepada edhiebaskoro.com, bahwa dalam PSB ini tidak ada biaya tambahan bagi siswa yang lolos. “Hanya ada administrasi bantuan pembangunan sekolah dan hal itu di wajar,” tukasnya.(ARDIAN)